Home » » Definisi pembedahan

Definisi pembedahan

Definisi Pembedahan adalah semua tindakan pengobatan yang menggunakan cara invasif dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan ditangani. Pembukaan tubuh ini umumnya dilakukan dengan membuat sayatan setelah bagian yang akan ditangani ditampilkan dan dilakukan tindakan perbaikan yang akan diakhiri dengan penutupan dengan penjahitan luka (Sjamsuhidayat, 2005).
Pembedahan terdiri atas pembedahan mayor dan pembedahan minor, pembedahan mayor melibatkan rekonstruksi atau perubahan yang luas pada bagian tubuh dan menimbulkan resiko yang tinggi bagi kesehatan. Sedangkan pembedahan minor melibatkan perubahan yang kecil pada bagian tubuh, sering dilakukan untuk memperbaiki deformitas, mengandung resiko yang lebih rendah bila dibandingkan dengan prosedur mayor (Potter & Perry, 2006).
Pembedahan merupakan peristiwa kompleks yang menegangkan. Kebanyakan prosedur bedah dilakukan diruang operasi rumah sakit, meskipun beberapa prosedur lebih sederhana dan tidak membutuhkan hospitalisasi dilakukan di klinik bedah dan unit bedah ambulatri (Smeltzer & Bare, 2002).
Tindakan pembedahan juga dapat diartikan cabang dari kecenderungan medis dengan gejala dan trauma yang memerlukan prosedur operasi (Mosby, 2002).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai