ETIOLOGI SKIZOFRENIA PADA ANAK

Etiologi Skizofrenia pada Anak tidak jauh beda dengan yang terjadi pada dewasa. Faktor-faktor penyebab skizofrenia pada anak antara lain faktor biologis, psikososial, dan sosiokultural.
Faktor biologis
Skizofrenia cenderung menurun dalam keluarga sebab keluarga merupakan tingkat pertama dari orang-orang  yang mengalami skizofrenia yang memiliki sekitar sepuluh kali lipat  risiko  yang lebih  besar  untuk mengalami  skizofrenia (Erlenmeyer,  dkk  dalam Jeffrey,  Spencer,  dan Beverly, 2003).
Faktor psikososial
Iman (2006)  menyatakan  anak  berkembang dalam  ruang  psikologis  yang  tidak  memadai bagi  berkembangnya  pribadi  yang  sehat yang mengarah  pada  gangguan yaitu  di  dalam keluarga.  Kemudian,  keluarga  terutama  orang tua  yang  mengakibatkan para anggota keluarga tidak  bisa saling  memberikan holding dan membina centered  relating satu  sama  lain.
Stresor  lingkungan  keluarga  mencakup  faktor psikologis,  seperti  konflik  keluarga,  perlakuan yang  salah  terhadap  anak, lingkungan  keluarga yang  kasar  dan  mengkritik,  situasi  kehidupan yang  penuh  stres, deprivasi  emosi,  serta kehilangan  figur  yang  memberikan  dukungan (Jeffrey,  Spencer,  dan  Beverly, 2003). Durand dan David (2007) menjelaskan bahwa pola-pola interaksi  dan  komunikasi  emosional  yang terganggu  dalam  keluarga  menunjukkan  suatu sumber  stres  potensial  yang  mungkin meningkatkan  risiko  berkembangnya skizofrenia  pada  orang-orang  yang  memiliki predisposisi  genetis  untuk  menderita  gangguan skizofrenia.
Faktor sosiokultural
Jeffrey,  Spencer,  dan  Beverly  (2003) menjelaskan  bahwa penyebab  sosial  dari skizofenia  di  setiap  kultur  berbeda  tergantung dari  bagaimana  penyakit  mental  diterima  di dalam kultur,  sifat  peranan  pasien,  tersedianya sistem pendukung sosial keluarga,  dan kompleksitas  komunikasi  sosial  serta cara pengasuhan  orang tua  dalam membesarkan anak.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar