MANFAAT MUSIK KLASIK

Manfaat Musik Klasik berdampak besar bagi perkembangan otak. Musik klasik terdiri dari beberapa jenis. Berikut manfaat musik klasik bagi perkembangan dan kesehatan manusia:
Musik sebagai hiburan
Musik dapat mempengaruhi hidup seseorang, hanya dengan musik suasana ruang batin seseorang dapat dipengaruhi.Entah apakah itu suasana bahagia ataupun sedih, bergantung pendengar itu sendiri. Musik dapat memberi semangat pada jiwa yang lelah, resah dan lesu. Apalagi bagi seseorang yang sedang jatuh cinta, musik seakan-akan dapat menjadi kekuatan untuk menyemangati perjalanan cinta seseorang.
Musik dan terapi kesehatan
Musik dapat berfungsi sebagai alat terapi kesehatan. Ketika seseorang mendengarkan musik, gelombang listrik yang ada diotaknya dapat diperlambat atau dipercepat dan pada saat yang sama kinerja sistem tubuh pun mengalami perubahan. Bahkan, musik mampu mengatur hormon-hormon yang mempengaruhi stress seseorang, serta mampu meningkatkan daya ingat. Musik dan kesehatan memiliki kaitan erat, dan tidak diragukan bahwa dengan mendengarkan musik kesukaannya seseorang akan mampu terbawa ke dalam suasana hati yang baik dalam waktu singkat.
Musik dan kecerdasan
Musik memiliki pengaruh terhadap peningkatan kecerdasan manusia. Salah satu istilah untuk sebuah efek yang bisa dihasilkan sebuah musik yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan intelegensia, seseorang ibu yang sedang hamil duduk tenang, seakan terbuai alunan musik tadi yang juga ia perdengarkan diperutnya. Hal ini dimaksudkan agar kelak si bayi akan memiliki tingkat intelegensia yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang dibesarkan tanpa diperkenalkan pada musik. Dengan cara tertentu, otak pun akan distimulasi untuk belajar segala sesuatu lewat nada-nada musik. Selain itu, musik-musik yang berirama klasik adalah jenis musik yang dianjurkan banyak pakar buat ibu hamil dan si bayi, yaitu bisa mencerdaskan bayi dan juga bisa memberi ketenangan untuk ibu yang sedang hamil.
Musik dan kepribadian
Musik diyakini dapat meningkatkan motivasi seseorang.Bagi orang yang berolahraga musik dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan olahraga yang lebih baik.Untuk selanjutnya pada saat berolahraga musik membantu olahragawan meningkatkan daya tahan, meningkatkan mooddan mengalihkan olahragawan dari setiap pengalaman yang tidak nyaman selama olahraga. Jenis musik terbaik untuk olahraga adalah musik dengan musik tempo tinggi seperti hip-hop atau musik dansa (Muttaqin,dkk., 2008).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar