ASAL USUL AROMA TERAPI DI INDONESIA

Asal Usul Aroma terapi di Indonesia tergolong sudah lama. Di Indonesia, metode pijat telah ada sejak berabad – abad yang lalu. Hal ini terbukti dari relief yang terdapat pada Candi Borobudur pada abad ke 8-9. Ternyata pijat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam warisan budaya Indonesia setelah berabad – abad perkembangannya, karena dalam filosofinya pijat merupakan suatu penanaman metode kesehatan lahir batin serta kecantikan seseorang.
Pengobatan tradisional di Indonesia kebanyakan mendapat pengaruh dari Ayuverdic dan pengobatan China. Pengobatan tersebut bisa berpengaruh dan berkembang di Indonesia, adalah karena pengaruh agama Hindu yang tiba di Indonesia pada sekitar abad 400 SM. Pemimpin agama Hindu yang memperkenalkan pengobatan Ayuverdic, di mana pengobatan yang dilakukan menggunakan minyak yang berasal dari tanaman. Agama Budha juga memberikan pengaruh terhadap masuknya aromaterapi di Indonesia, ketika ada biksu Budha yang mengajarkan pengobatan tradisional China.
Kemudian, pada masa Pemerintahan Kerajaan Majapahit di Jawa Tengah, salah satu Raja, ada yang mempersunting wanita cantik yang merupakan keturunan bangsa China. Dari situlah, seni penyembuhan akupuntur dan refleksiologi diperkenalkan.
Runtuhnya Kerajaan Majapahit pada tahun 1450 SM, akibat kedatangan umat Muslim, membuat penduduk Hindu berpindah ke dataran Bali, dengan membawa pengetahuan pengobatan yang dimiliki selama di Jawa Tengah. Asal usul tersebutlah yang menyebabkan pengobatan dan refleksiologi yang terdapat di Jawa Tengah dan Bali menjadi hampir serupa dan historical itu pula yang menyebabkan banyaknya produk aromaterapi yang berasal dari Bali dan Jawa Tengah – Jogjakarta. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar