PENGERTIAN PRAKTIK LANGSUNG

Pengertian Praktik Langsung ada beberapa macam. Praktik langsung, atau hands–on learning, adalah istilah yang umum dalam pembelajaran sains. Praktik langsung merupakan pengalaman pendidikan yang melibatkan anak secara aktif dalam manipulasi objek untuk menambah pengetahuan atau pengalaman (Haury & Rillero, 1994). Meinhard (Haury & Rillero, 1994) mengemukakan bahwa kegiatan praktik langsung adalah kegiatan menggunakan objek, berupa makhluk hidup maupun benda mati, yang tersedia secara langsung untuk penelitian.
Flick (Haury & Rillero, 1994) mengemukakan dua pandangan umum tentang praktik langsung, yaitu pengertian secara luas dan sempit. Pertama, praktik langsung secara luas dimaknai sebagai sebuah filosofi tentang cara dan waktu penggunaan berbagai macam stategi pengajaran yang diperlukan untuk mengatur keberagaman kelas. Kedua, praktik langsung secara sempit dimaknai sebagai strategi instruksi spesifik, yaitu saat anak terlibat aktif dalam memanipulasi material (Haury & Rillero, 1994).
Menurut Lumpe dan Oliver, praktik langsung terdiri dari tiga dimensi, yaitu dimensi inkuiri, dimensi struktur, dan dimensi eksperimental. Dalam dimensi inkuiri, anak menggunakan berbagai kegiatan untuk membuat suatu penemuan. Dimensi struktur mengarah pada jumlah bimbingan yang diberikan guru pada anak. Dimensi ketiga adalah dimensi eksperimental, berupa penggunaan eksperimen terkontrol (Haury & Rillero, 1994).
Menurut Ossont, praktik langsung juga merupakan kegiatan pembelajaran kooperatif klasik. Beberapa kelompok anak bekerja sama dalam suatu kegiatan, mengikuti instruksi dengan berbagai macam kewajiban dan tugas. Anak membutuhkan kerja sama dengan anak lain pada kegiatan tersebut (Haury & Rillero, 1994).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar