PENYEBAB KELAHIRAN PREMATUR

Penyebab Kelahiran Prematur disebabkan oleh beberapa factor. Penyebab dari kelahiran prematur menurut Surasmi, Handayani, & Kusuma (2003) faktor-faktor yang berpengaruh meliputi:
  1. Faktor ibu merupakan kelainan atau penyakit yang diderita ibu pada sebelum kehamilan maupun saat hamil, seperti: toksemia gravidarum yaitu preeklamsi dan eklamsi; kelainan bentuk uterus; tumor; penyakit akut dengan gejala panas tinggi mis. tifus abdominalis, malaria dan kronis; serta trauma pada masa kehamilan baik trauma fisik (misal jantung) maupun psikologis (misal stress).
  2. Faktor janin seperti kehamilan ganda, hidramnion, ketuban pecah dini, cacat bawaan, infeksi, (misal rubeolla, sifilis, toksoplasmosis), insufisiesi plasenta, inkompatibilitas darah ibu dan janin (faktor Rhesus, golongan darah ABO).
  3. Faktor plasenta meliputi solusio plasenta dan plasenta previa.
Sedangkan menurut Prawirohardjo (2006, hlm. 775), Faktor predisposisi terjadinya kelahiran prematur diantaranya: (a) faktor ibu, riwayat kelahiran prematur sebelumnya, perdarahan antepartum, malnutrisi, kelainan uterus, hidromion, penyakit jantung / penyakit kronik lainnya, hipertensi, umur ibu kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun, jarak dua kehamilan yang terlalu dekat, infeksi, trauma, kebiasaan, yaitu pekerjaan yang melelahkan, merokok; (b) faktor janin, cacat bawaan, kehamilan ganda, hidramion, ketuban pecah dini; (c) keadaan sosial ekonomi yang rendah.