PENGERTIAN TERAPI MUROTTAL

Pengertian terapi murottal adalah terapi dengan menggunakan ayat-ayat suci al-Qur’an sebagai media terapi. Al-Quran yang berarti bacaan merupakan mu’jizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan menjadi suatu ibadah jika membacanya. Seni baca Al-Quran atau disebut dengan Tilawatil Quran ialah bacaan kitab suci Al-Quran yang bertajwid diperindah oleh irama dan lagu. Orang yang membacanya disebut qori’. Menurut Purna (2006), pengertian dari murottal merupakan rekaman suara Al-Quran yang dilagukan oleh seorang qori’ (pembaca Al-Quran).
Menurut Ad-Dihami (2005), bacaan Al-Quran merupakan obat yang komplet untuk segala jenis penyakit, baik penyakit hati maupun penyakit fisik, baik penyakit dunia maupun penyakit akhirat. Sedangkan menurut Yani (2002) menyatakan bahwa Al-Quran bermanfaat untuk menjadi obat, penawar dan penyembuh dari berbagai persoalan hidup manusia.
Terapi dengan menggunakan lantunan murottal Al Quran (selanjutnya disebut Terapi murottal Al Qur’an), ternyata sudah memasyarakat di kalangan tertentu pemeluk agama Islam. Tujuan mereka bukan sebagai terapi suara, tapi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan (Allah SWT). Hal ini mendatangkan gagasan untuk mengetahui tanggapan otak ketika mendengarkan lantunan murottal Al Qur’an. Tidak saja melihat respon secara umum, tapi juga dengan lebih detail, seperti melihat daerah korteks otak manakah yang memberikan respon relaksasi setiap 10 detik sejak diberikan stimulasi (Siswantinah, 2011). 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar