PENGERTIAN RADIKALISME ISLAM

Ada beberapa Pengertian Radikalisme Islam. Radikalisme secara popular menunjukkan kepada ekstremisme politik dalam aneka ragam bentuk atau usaha untuk menggubah orde social politik secara drastis daan eksterm. Ditunjukkan oleh adanya segmen masyarakat muslim tertentu yang menekankan konservatisme keagamaan dan ingin menunjukkan identitas Islamnya dengan cara  ekstrim, ini sering menimbulkan tindakan radikal.
Dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 14 Radikalisme berarti aliran yang ekstrem, fundamental, atau mengakar. Tanda-tanda perilaku ekstrim menurut Yusuf Qardhawi, ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Fanatik pada satu pendapat dan menutup diri dari yang lain
  2. Mewajibkan sesuatu yang sebenarnya tidak wajib
  3. Memperberat yang tidak pada tempatnya
  4. Sikap kasar dan keras
  5. Sikap Buruk Sangka. Sikap ini membuat seseorang untuk mencurigai terhadap kelompok atau penganut agama lain, yang mengakibatkan tuduhan bahwa suatu umat dari agama lain melahirkan kecurangan dan menyebarkan misi agama. Hal ini menjadi peluang bagi kelompok yang memiliki kecurigaan untuk menanggapinya melalui cara-cara yang mengarah kepada kekerasan.
  6. Saling mengkafirkan. Akibat berpedoman secara fanatik kepada satu pendapat sehingga memudahkan untuk memandang kelompok lain yang tidak sejalan dianggap kafir. Sikap ini adalah merupakan ciri dari kaum khawarij, yang mudah mengkafirkan seseorang yang tidak segolongan dengan mereka, meskipun orang tersebut adalah orang Islam. Beranggapan bahwa Islam yang benar adalah yang nereka amalkan dan pahami, mengajak mereka yang kafir untuk kembali ke Islam yang sebenarnya seperti yang mereka pahami dan amalkan, mengangkat imam dari golonganya sendiri, karena mereka yang tidak segolongan adalah kafir, tidak segan-segan melakukan kekerasan dan pembunuhan untuk mecapai tujuan mereka.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar