CARA MEMPEROLEH BERITA

Ada Beberapa Cara Memperoleh Berita. Dengan karakteristiknya sebagai pokok pangkal dalam kehidupan pers, berita menyajikan informasi yang menjadi fenomena dalam masyarakat, yang didapatakan melalui berbagai proses dari pencarian berita, menulis, dan penyuntingan (editor). Untuk mencari berita dilakukan melalui tahapan reportase, yang merupakan proses penting untuk mendapatkan informasi , data-data tentang fakta yang terjadi sehingga dapat menghasilkan berita yang aktual dan faktual, meyakinkan pembaca dan memenuhi dead line.
Dead line adalah batas penyerahan berita, sehingga wartawan harus bekerja cepat dan sigap tanpa mengabaikan tahapan-tahapan reportase, yang diantaranya adalah:
  1. Menemukan fakta cerita dan jalan keluarnya.
  2. Melakukan chek dan rechak untuk mendapatkan berita yang akurat, informasi, data dan jalan ceritanya, tanpa kebohongan dan fitnah.
  3. Memastikan sudut berita.
  4. Menentukan lead.
  5. Menulis berita.
Dalam proses reportase terkait erat dengan kegiatan wawancara untuk memperoleh informasi, opini, wawasan, gagasan, motivasi, pemikiran, ide-ide, tanggapan, yang menambah keakuratan berita.
Wawancara ada 3 macam, antara lain:
  1. Informasion Interview, yaitu wawancara untuk memperoleh keterangan atau informasi suatu peristiwa.
  2. Feature Interview atau Personaliti Interview, yaitu wawancara yang dilakukan untuk mengetahui kehidupan seseorang yang punya nama besar dan dikenal banyak orang.
  3. Opini Interview, yaitu wawancara yang dilakukan untuk memperoleh pendapat, opini dari sumber berita.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar