PENGERTIAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA

Ada beberapa Pengertian Lingkungan Teman Sebaya. Menurut Ngalim (2006) “lingkungan adalah meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan atau life processes kita kecuali gen-gen dan bahkan gen-gen dapat pula dipandang sebagai menyiapkan lingkungan bagi gen yang lain”. Lingkungan itu dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu lingkungan alam/luar, lingkungan dalam, dan lingkungan sosial/ masyarakat.
Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa lingkungan sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, terutama lingkungan sosial dalam masyarakat. Lingkungan sekolah, lingkungan belajar, lingkungan keluarga, Lingkungan Teman Sebaya juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuannya.
Tentang Kelompok sebaya (Vembriarto, 2003) menyatakan: Kelompok sebaya adalah kelompok yang terdiri atas sejumlah individu yang sama. Pengertian sama disini berarti individu-individu anggota kelompok sebaya itu mempunyai persamaan-persamaan dalam berbagai aspeknya. Persamaan yang penting terutama terdiri atas persamaan usia dan status sosialnya.
Kelompok Teman Sebaya merupakan lingkungan sosial pertama di mana remaja belajar untuk hidup bersama orang lain yang bukan anggota keluarganya. Menurut Umar (2005) “ Kelompok sebaya adalah suatu kelompok yang terdiri dari orang yang bersamaan usianya”. Dengan menjadi anggota dalam kelompok sebaya maka akan terjadi dampak yang positif maupun yang negative yang dikarenakan interaksi di dalamnya. Seperti yang diungkapkan Umar (2005) “Dampak edukatif dari keanggotaan kelompok sebaya itu antara lain karena interaksi sosial yang intensif dan dapat terjadi setiap waktu dan dengan melalui peniruan”.
Slavin (2008) mengungkapkan bahwa “Lingkungan Teman Sebaya merupakan suatu interaksi dengan orang-orang yang mempunyai kesamaan dalam usia dan status”. Dalam berinteraksi seseorang lebih memilih bergabung dengan orang-orang yang mempunyai pikiran, hobi dan keadaan yang sama.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian Lingkungan Teman Sebaya merupakan suatu interaksi yang intensif dan cukup teratur dengan orang-orang yang mempunyai kesamaan dalam usia dan status. Interaksi tersebut berupa interaksi dengan teman sebaya di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.
“Kelompok sebaya merupakan institusi sosial kedua terpenting sesudah keluarga, pentingnya peranan kelompok sebaya itu telah disadari baik oleh orang tua maupun guru. Anak memasuki kelompok sebaya secara alamiah bermula sejak dia memasuki kelompok permainan dengan anak-anak di lingkungan tetangga.
Dengan memasuki sekolah, anak memasuki kelompok sebaya yang lebih besar, yaitu teman-teman sekelasnya. Pada masa remaja anak menghadapi kemungkinan pilihan kelompok teman sebaya yang bermacam-macam. Demikian pula setelah dewasa, individu dapat menjadi anggota bermacam-macam kelompok sebaya”(Vembriarto, 2003).
Unsur  pokok  dalam  pengertian  kelompok  sebaya  sebagai berikut:
  1. Kelompok  sebaya  adalah  kelompok  primer  yang  hubungan antar anggotanya intim.
  2. Anggota kelompok sebaya terdiri atas sejumlah individu yang mempunyai persamaan usia dan status atau posisi sosial.
  3. Istilah kelompok sebaya dapat menunjukkan kelompok anak-anak,  kelompok  remaja  atau  kelompok  orang  dewasa (Vembriarto, 2003).
Kelompok  sebaya  mula-mula  terbentuk  secara  kebetulan. Dalam perkembangan selanjutnya masuknya seorang anak  ke dalam suatu kelompok sebaya berdasarkan atas pilihan. Setelah anak masuk ke  sekolah  kelompok  sebayanya  dapat  berupa  teman-teman sekelasnya, klik dalam kelasnya, dan kelompok permainannya. Pada usia  remaja  dan  awal  kedewasaan  seseorang,  peranan  kelompok sebaya  menjadi  makin  dominan  dibanding  masa  sebelumnya.  Anak remaja  sangat  terikat  pada  kelompok  sebayanya.  Mereka menyandarkan  perbuatannya  pada  dukungan  dan  persetujuan  teman sebayanya. 
Berdasarkan  uraian-uraian  di  atas  maka  dapat  disimpulkan bahwa  Lingkungan  Teman  Sebaya  merupakan  lingkungan  dimana terjadinya  suatu  interaksi  yang  intensif  dan  cukup  teratur  dengan orang-orang  yang mempunyai kesamaan dalam usia dan status, yang memberikan  dampak  atau  pengaruh  positif  maupun  negatif  yang dikarenakan interaksi di dalamnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar