INDIKATOR-INDIKATOR DISIPLIN BELAJAR

Indikator-indikator Disiplin Belajar ada beberapa macam. Indikator-indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat disiplin belajar mahasiswa berdasar ketentuan disiplin waktu dan disiplin perbuatan dikemukakan Moenir (2010), yaitu:
Disiplin waktu
Disiplin waktu, meliputi:
  1. Tepat waktu dalam belajar, mencakup datang dan pulang kuliah tepat waktu, mulai dan selesai belajar di kampus cepat waktu dan muli dan selesai belajar di rumah.
  2. Tidak keluar dan membolos saat kuliah
  3. Menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditetapkan
Disiplin perbuatan
Disiplin perbuatan, meliputi:
  1. Patuh dan tidak menentang peraturan
  2. Tidak malas belajar
  3. Tidak menyuruh orang lain bekerja demi dirinya
  4. Tidak suka berbohong
  5. Tingkah laku yang menyenangkan, mencakup tidak mencontek, tidak membuat keributan dan tidak mengganggu orang lain yang sedang belajar.
     Indikator ini merupakan tolak ukur yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar. Berdasarkan uraian-uraian di atas maka dapat disimpulkan apabila siswa/mahasiswa memiliki disiplin belajar yang tinggi maka siswa/mahasiswa tersebut akan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawabnya diantaranya disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar di kampus, disiplin mengikuti ujian, disiplin dalam menepati jadwal belajar, ketepatan dalam melaksanakan dan mengumpulkan tugas-tugas. Oleh karena itu dengan disiplin belajar yang tinggi akan mampu memberikan arah bagi siswa/mahasiswa untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar