FAKTOR RESIKO TERJADINYA ASAM URAT

Faktor Risiko Terjadinya Asam Urat terdiri dari beberapa faktor. Tidak  semua  orang  dengan  peningkatan  asam  urat  dalam  darah (hiperuremia) akan menderita penyakit asam urat. Namun ada beberapa kondisi  yang  dapat  menyebabkan  seseorang  menderita  penyakit  asam urat, diantaranya:
  1. Pola  makan  yang  tidak  terkontrol.  Asupan  makanan  yang masuk  ke  dalam  tubuh  dapat  mempengaruhi  kadar  asam  urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat.
  2. Seseorang dengan berat badan berlebih (obesitas).
  3. Suku  bangsa  tertentu.  Menurut  penelitian,  suku  bangsa  di dunia  yang  paling  tinggi  prevalensinya  terserang  asam  urat adalah  orang  Maori  di  Australia.  Prevalensi  orang  Maori terserang  penyakit  asam  urat  sangat  tinggi.  Sedangkan  di Indonesia  prevalensi  tertinggi pada  penduduk pantai  dan yang paling  tinggi  di  daerah  Manado-Minahasa  karena  kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.
  4. Peminum  alkohol.  Alkohol  dapat  menyebabkan  pembuangan asam urat lewat urine ikut berkurang,  sehingga asam urat tetap bertahan di dalam darah.
  5. Seseorang  yang  memiliki  riwayat  keluarga  dengan  penyakit asam urat.
  6. Seseorang kurang mengkonsumsi air putih.
  7. Seseorang dengan gangguan ginjal dan hipertensi.
  8. Seseorang  yang  menggunakan  obat-obatan  dalam  jangka waktu lama.
  9. Seseorang yang mempunyai penyakit diabetes mellitus.                                          

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال