ALASAN MELAKUKAN DIET PENURUNAN BERAT BADAN

Ada beberapa Alasan Melakukan Diet Penurunan Berat Badan. Alasan seseorang melakukan diet penurunan berat badan, khususnya pada remaja putri lebih banyak dilakukan agar tampil lebih menarik, terlihat lebih bagus, meningkatkan kesehatan. tuntutan  pekerjaan, saran atau komentar dari orang lain (keluarga, dokter, teman atau pelatih) (Neumark-Sztainer dan Hannan,2000). Berdasarkan penelitian Malinauskas et.al (2006) motivasi remaja putri menurunkan berat badan adalah agar menjadi kurus dan  terlihat menarik, sehingga mendapatkan perhatian dari lawan jenis, dapat diterima dalam pergaulan teman sebaya dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Menurut Krummel (1996) tren menjadi kurus dikarenakan  serangan iklan di media massa yang gencar sehingga mempengaruhi persepsi tentang bentuk tubuh yang ideal dan menarik pada remaja putri.
Remaja putri sering memiliki pandangan yang ekstrim dalam melakukan diet untuk menurunkan berat badannya. Perilaku seseorang melakukan diet yang salah ditandakan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Membatasi frekuensi dan intake makanan, menghilangkan kebiasaan sarapan atau tidak makan malam dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. 
  2. Tidak makan nasi dengan asumsi berat badan akan turun, padahal nantinya individu tersebut akan lari ke makanan lain yang kalorinya lebih besar daripada nasi, seperti mie / kentang. 
  3. Menganggap makanan yang bentuknya kecil atau ringan seperti keripik, permen, makanan selingan lainnya  dll kandungan kalorinya sedikit (Mulamawitri, 2005).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar