Soto Medan ala Dapurku

Hihi,.perdana neh buat soto medan yang mendekati nilai sempurna,.hehe,. kata suamiku. By the way,.hari ini sebenarnya terancam g jadi belanja,.dikarenakan fenomena hamil mudaku. Sehabis sarapan lontong dikantin pasar cileungsi, langsung ke TKP hehe,.tempat para pedagang jualan bahan2 makanan, karena pusing dan perut g normal rasanya,. Muntah deh pas dipasar, suami bilang pulang aja tapi beliau kepengen soto, g tega pulang sebelum belanjaan selesai, akhirnya dilanjutin dengan kondisi g enak badan, n sampe bener-bener lengkap bahan belanjaan dapur. Cekidooot,.ini resep soto medan ala dapurku ditengah perjuangan “mabuk-mabukan”,.hehe 

Bahan:
  • ayam
  • bumbu untuk ungkep ayam (jahe,lengkuas,bawang putih) #hehe tadi beli 2000 yang udah digiling aja, mau cepet
  • daun bawang dan daun selidri
  • santen kental
  • bawang goreng
  • mie soto/mie bihun
  • touge (kalau doyan,.hihi aq g pake)
  • kerupuk (kerupuk udang or kerupuk merah juga boleh,sesuai selera)
  • kentang (kalau mau ditambah dengan pergedel kentang)
  • jeruk nipis/jeruk kasturi
  • daun salam
  • bumbu sup (yang halus atau kasar sesuai selera aja)
  • garam dan sasa secukupnya

Cara Membuat:
  • ayam diungkep dulu kedalam periuk dengan bumbu ungkepan tadi+air sekucupnya (untuk kuah soto),. setelah mateng ayam dipisahin dari air ungkep-nya tadi
  • air ungkepan jangan dibuang karena ini berfungsi sebagai kuah soto (didiamin aja dulu)
  • ayam tadi digoreng
  • daun bawang juga digoreng masukkan ke kuah soto tadi,.(panci soto mulai dipanaskan)
  • kerupuk jangan lupa digoreng #hehe
  • nunggu mendidih, masukan daun salam, bumbu sup dan santen, aduk-aduk jangan sampe pecah santen
  • daun selidri diiris

Siap dihidangkan kedalam semangkok piring
  • ayam disuir-suir dulu+mie (kalau mau ditambah mie)
  • mie terlebih dulu direndam dalam air suhu normal (mie bukan direbus,tapi cukup diletakkan di mangkok setelah direndam air tadi)
  • tambah bawang goreng dan daun sop yang juga telah diiris,.
  • tuangkan kuah soto yang masih panas tadi,. (biasanya tiap makan, dipanasi dulu kuahnya)
  • masukkan juga perkedel kentang (kalau ada)
  • tambahkan jeruk nipis dan kerupuk atau irisan tomat juga boleh,sesuai selera

SOTO Medan siap diSANTAP
*untuk takaran diperkirakan sesuai selera aja sob dan kalau mau ditambah cabe rawit tau cabe goren merah diluarnya (kayak makan bakso) juga g apa
#hihi,.ini resep berantakan dari dapurku, karena buatnya suka2 aja,. hehe  selamat mencoba
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar