Porifera Kelas Hexactinelida


Ada yang perlu diketahui tentang Porifera Kelas Hexactinelida ini . Hexactinellida (dalam bahasa yunani, hexa = enam) atau Hyalospongiae (dalam bahasa yunani, hyalo = kaca/transparan, spongia = spons) memiliki spikula yang tersusun dari silika.Ujung spikula berjumlah enam seperti bintang.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk vas bunga atau mangkuk.Tinggi tubuhnya rata-rata 10-30 cm dengan saluran tipe sikonoid.Hewan ini hidup soliter di laut pada kedalaman 200 – 1.000 m.Contoh Hexactinellida adalah Euplectella.
Hexactinelida merupakan porifera yang tersebar luas pada semua lautan. Habitat utama dari porifera ini adalah pada lautan dalam. Ciri yang membedakan kelas ini dari kelas lain adalah kerangkanya yang disusun oleh spikula silikat. Kerangka spons pada kelas hexactinelida tidak memiliki jaringan spongin. Sel epithelium dermal dan koanosit terbatas pada bentuk-bentuk  ruang yang tersembunyi.
Sub Kelas Hexasterophora: Ciri khas yang ada pada subkelas ini adalah microscleres parenchimalnya berupa hexaster. Contoh Euplectella
Sub Kelas Amphidiscorpha: Ciri utama pada sub kelas ini adalah microscleres parenchimalnya berupa Amphidics. Contoh Hyalonema
Hexactinellida atau Hyalospongiae  memiliki Sponge kaca, spikul silikat, hexactinal, tipe syconoid; bentuk tubuh silindris, datar  atau ber Karakteristik :
  1. Hidup di laut dalam
  2. Kerangka tubuh dari bahan silikat
  3. Spikula cabang 6 (hexaxon)
  4. Contoh : Euplectella sp , Hyalonema sp tangkai; tinggi 90 cm; di laut pada kedalaman 90 cm samapai 5.000 m.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar