Perilaku Makan Hewan Porifera


Ada beberapa macam Perilaku Makan Hewan Porifera Porifera artinya hewan yang berlubang-lubang kecil atau hewan berpori. Hewan berpori juga disebut hewan spons (sponge). Lubang-lubang tersebut digunakan untuk jalan masuknya air yang mengandung makanan ke dalam tubuh. Porifera hidup secara heterotrof. Makanan porifera antara lain protozoa kecil, bakteri dan partikel organik yang mengendap dari permukaan air. Makanan yang masuk kedalam tubuhnya berbentuk cairan. Pencernaan dilakukan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit
Porifera mengambil makanan dengan cara menyaring makanan yang terlarut dalam air. Flagel menarik bakteri, protozoa dan alga yang melekat pada leher dari sel koanosit, kemudian air dialirkan ke dalam vakuola yang terdapat di pangkal koanosit untuk dicerna.  Bahan makanan yang sudah dicerna akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh oleh sel amebosit. Sisa hasil pencernaan dikeluarkan ke spongiosel dan dibuang keluar tubuh melalui osskulum.
Bentuk paling sederhana dari spons adalah seperti kantong yang kaku dan berpori
Tubuh Porifera terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:
  1. Oskulum : saluran penyebaran air dari tubuh. Tempat air keluar dari   spongiosel.
  2. Ostium atau apurturea : lubang kecil tempat masuknya air ke dalam tubuh. Lubang pada porosit.
  3. Paragaster atau spongiosel : saluran yang terdapat di bagian tengah tubuh. Ruang kosong di dalam kantong.
  4. Dinding tubuh yang tersusun atas :(1) Pinakosit : sel pelapis tubuh bagian luar, lapisan sel-sel yang berbentuk pipih (2) Porosit : sel berlubang yang di dalamnya terdapat ostia.(3) Miosit : sel otot yang mengelilingi porosit dan oskulum. Berfungsi untuk membuka dan menutup sel porosit dan oskulum. Jika miosit mengeut, maka sel porosit dan oskulum akan menutup.( 4) Koanosit : sel pelapis dinding spongiosel dan berfungsi untuk mencerna  makanan secara intrasel. Pada ujung sel terdapat flagela, sedangkan pada bagian pangkal terdapat vakuola.(5) Amebosit : sel penghasil matriks pada lapisan tengah tubuh. Sel ini berfungsi untuk mengedarkan zat makanan dan dapat berubah fungsi menjadi ovum dan sperma.( 6) Skleroblas : sel penghasil spikula yang berfungsi sebagai rangka tubuh.struktur tubuh-porifera

Keluar masuknya makanan yang berupa air yang mengandung plankton pada porifera terdiri dari 3 tipe saluran, yaitu :
  1. Tipe Askon yaitu, sistem saluran air yang paling sederhana, secara berurutan terdiri atas ostia, spongiosel, dan oskulum. Contohnya: Leucosolenia dan Clatharina blanca.
  2. Tipe Sikon yaitu, saluran airnya meliputi ostia, saluran radial yang tidak bercabang, spongiosel dan oskulum. Contohnya : Pheronema sp., Schypa, dan Sycon gelatinosum.
  3. Tipe Leukon (ragon) yaitu, tipe paling rumit. Salurannya terdiri atas ostia, saluran radial yang bercabang-cabang, spongiosel dan oskulum. Contohnya: Euspongia officinalis dan Euspongia mollissima.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar