Morfologi Tumbuhan kecapi


Berikut Morfologi Tumbuhan kecapi. Tumbuhan kecapi merupakan tumbuhan yang rimbun dan besar, Batangnya tumbuh tegak dapat mencapai 30 m, diameternya 70-90 cm, bergetah seperti susu. Daun majemuk berselang-seling, bertangkai sampai dengan 18 cm, menyirip beranak daun tiga, bentuk jorong sampai bundar telur, membulat atau agak runcing di pangkal, meruncing di ujung, hijau berkilat di sebelah atas, hijau kusam di bawahnya. Anak daun ujung bertangkai panjang, jauh lebih panjang dari tangkai anak daun sampingnya. Bunga berkelamin dua, bertangkai pendek; kelopak bertaju 5, mahkota 5 helai, kuning hijau, samar-samar berbau harum.
Buah buni bulat agak gepeng, kuning atau kemerahan jika masak, berbulu halus seperti beludru. Daging buah bagian luar tebal dan keras, menyatu dengan kulit, kemerahan, daging buah bagian dalam lunak dan berair, melekat pada biji, putih, masam sampai manis. Biji 2-5 butir, besar, bulat telur agak pipih, coklat kemerahan berkilat; keping biji berwarna merah (Verheij dan Coronel,1997).
Pohon kecapi berbunga dari bulan Juni sampai Oktober dan berbuah masak dalam bulan Oktober-November. Perbanyakan biasanya dilakukan dengan biji, tetapi dapat juga dengan sistem tempel atau okulasi (Sastrapradja dkk, 1977).
Klasifikasi Tumbuhan kecapi
Klasifikasi tumbuhan kecapi (Sandoricum koetjape Merr.) menurut Tjitrosoepomo, 2004 dan Corner and Watanabe, 1969):
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Anak Kelas : Dialypetalae
Ordo : Rutales
Famili : Meliaceae
Genus : Sandoricum
Spesies : Sandoricum koetjape Merr.
Habitat Tumbuhan kecapi
Tumbuhan kecapi banyak tumbuh secara alami di dataran rendah sampai daerah pegunungan dengan ketinggian 1200 meter atau lebih. Kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Berabad-abad yang silam, tumbuhan ini dibawa dan dimasukkan ke India, Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius dan Filipina. Dan sekarang tanaman kecapi pada umumnya ditanam di kebun atau pekarangan secara sederhana (Mabberley,D.J., et al, 1995)
Nama Daerah

Di Indonesia, Sandoricum koetjape Merr. sering disebut dengan kecapi mempunyai nama daerah yang berbeda-beda, Misalnya Pono, Setul, Seutoy (Aceh), Hasapi, Sotul (Batak), Kasapi, Santu (Makasar), Sentul (Jawa) (Anonim, 2008).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar