Macam-Macam Mikroskop di Laboratorium Mikrobiologi


Macam-macam mikroskop di laboratorium mikrobiologi adalah sebagai berikut:
Mikroskop Cahaya (Light Microscopy) terdiri dari;
a. Mikroskop Medan Terang (Brightfield Microscopy) : mikroskop jenis ini digunakan untuk memeriksa bahan dan kultur dari sediaan basah atau sediaan yang diwarnai.
b. Mikroskop Medan Gelap (Darkfield Microscopy) : mikroskop ini mempunyai kondensor yang mencegah cahaya ditransmisikan melalui bahan, tapi sebaliknya menyebabkan cahaya merefleksikan bahan pada sudut tertentu, sehingga obyek kelihatan lebih besar bersinar dengan latar belakang 23 yang gelap. Mikroorganisme dapat diamati dalam keadaan hidup sehingga geraknya juga dapat diamati.
Mikroskop Fase Kontras (Phase-contras Microscopy)
mikroskop ini sekarang sudah jarang digunakan dalam laboratorium diagnostik. Mikroskop fase kontras adalah suatu tipe mikroskop cahaya yang memungkinkan terjadi kontras yang lebih besar dalam indeks refraksi dan kepadatan antara sel hidup dengan cairan dimana organisme berada, sehingga menghasilkan gambaran yang lebih kontras daripada yang terlihat pada mikroskop medan terang.
Mikroorganisme hidup sulit dilihat karena masing-masing partikelnya mempunyai indeks bias cahaya yang berbeda dan mempunyai ketebalan yang berbeda. Mikroskop ini memungkinkan mikroba hidup dilihat dengan organel di dalamnya, yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa.
Mikroskop Fluoresen (Fluorescence Microscopy)
mikroskop fluoresen telahmenjadi prosedur dan banyak digunakan di laboratorium klinis. Beberapa substansi biologi memang pada dasarnya berfluoresen, tapi bahan lain dapat juga diwarnai dengan zat warna fluoresen dan diamati dengan mikroskop yang memakai sumber cahaya sinar ultraviolet. Mikroskop ini banyak digunakan dalam mikrobiolgi dan imunologi, dan telah dikembangkan untuk mendeteksi antigen mikroba pada bahan pemeriksaan dengan jalan mewarnainya dengan antibodi spesifik yang telah diberi tanda/label dengan zat warna fluoresen (immunofluorescence).
Mikroskop Elektron (Electron Microscopy - EM)
 Mikroskop elektron memiliki berkas gelombang sinar sangat pendek (0,005 nm)  yang dihasilkan oleh elektron dari tabung hampa udara, yang menggantikan sumber cahaya sehingga memungkinkan dicapainya perbesaran sampai hampir jutaan kali. Dengan memakai mikroskop elektron ini, maka dapat dilihat virus dan molekul-molekul yang sangat kecil lainnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar