Klasifikasi Spons Demospongiae


Ada beberapa Klasifikasi Spons Demospongiae. Spons merupakan kelompok hewan dari Filum Porifera yang terdiri dari tiga kelas, yaitu Calcarea Demospongiae, dan Hexactinellidae. Calcarea merupakan spons yang kesemua anggota kelasnya hidup di laut. Spons ini mempunyai struktur sederhana dibandingkan jenis lainnya. Spikula terdiri dari kalsium karbonatdalam bentuk calcite dan tidak akan berdiri tegak tanpa adanya spikula atau sponging yang membentuk kerangka untuk menopang tubuhnya sehingga memungkinkan adanya saluran dan ruangan berflagela.
Demospongiae adalah kelas spons paling dominan di atara porifera saat ini. Mereka tersebar luas di alam dan jumlah, jenis serta individunya sangat banyak. Demospongiae memliki bentuk dan warna yang bervariasi serta sistem saluran yang rumit, berbentuk massif, berwarna cerah, dan dihubungkan dengan kamar-kamar bercambuk kecil yang bundar. Umumnya spikula terbuat dari silikat, namun beberapa anggota dari kelompok Dictyoceratida, Dendroceratida, dan Verongida memiliki spikula yang hanya terdiri dari serat spongin, serat kolagen bahkan tidak memilki spikula.
Kelas Hexactinellida merupakan spons gelas. Mereka kebanyakan hidup di laut jeluk dan tersebar luas. Spikulanya terdiri dari silikat dan tidak mengain. Semua anggota kelas ini mempunyai spikula silikat dan serat spongin dengan tipe saluran leuconoid. Elemen-elemin ini dikelilingi oleh jaringan hidup yang terdapat pada basal kalsium karbonat yang kokoh  atau pada rongga yang ditutupi oleh kalsium karbonat.
Spons Demospongiae
Klasifikasi Spons Demospongiae
            Menurut Adiyodi dan Adiyodi (1992) klasifikasi spons kelas Demospongiae adalah sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Filum : Porifera
Kelas : Demospongiae
Ordo : Halichondrida
Famili : Axinellida
Famili : Desmoxyidae
Famili : Dictyonellidae
Ordo : Hadromerida
Famili : Suberitidae
Ordo : Haclosclerida
Famili : Chalinidae
Famili : Niphatidae
Famili : Callyspongiidae
Famili : Petrosiidae
Ordo : Dendroceratidae
Famili : Darwinellidae
Famili : Dysideidae
Ordo : Poeciloslerida
Famili : Microcionidae
Ordo : Spirophoridae
Famili : Tetillidae
Ordo : Dictyoceratida
Famili : Spongiidae
Famili : Thorectidae
Famili : Irciniidae
Ordo : Astrophoridae
Famili :Coppatiidae
Famili : Ancorinidae
Ordo : Verongida
Famili : Drunellidae

Salah satu famili dari ordo Haclosclerida yaitu Petrosiidae memiliki karakteristik berbentuk kompak seperti kawah gunung es atau vas bunga, mengerak membulat atau bercabang. Teksturnya keras dan rapuh, mencerminkan sebagian besar spesies ini memiliki spikul tunggal atau bidang spikul yang tersusun atas silikat dibandingkan sponging. Rangka luar  yang menyerupai jala terdiri dari spikul tunggal atau bidang spikul yang membentuk kulit yang mengeras, membuat penampilan luarnya terlihat halus. Rangka bagian tengah kurang lebih seperti jala yang merupakan jalur-jalur spikul.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar