Kelas Schypozoa


Kelas Schypozoa merupakan kelas dari phylum Coelenterata. Schypozoa berasal dari bahasa yunani schypo yang berarti mangkok dan zoa yang berarti hewan. Bentuk serupa medusa dengan tentakel.Mempunyai mesoglea gelatinosa yang tebal.Rongga pencernaannya membentuk percabangan yang berupa saluran-saluran, kemungkinan bentuk polip sangat kecil.Sifat kelaminnya diesius.Semuanya hidup di laut.  (Suhardi. 1983)
Medusa umumnya bertahan lebih lama dalam siklus hidup kelas Schypozoa.Medusa dari sebagian besar spesies hidup diantara plankton sebagai ubur-ubur. Sebagian besar dari hewan Scypozoa yang hidup di pantai akan melalui tahapan polip kecil selama siklus hidupnya, tetapi ubur-ubur yang hidup di laut terbuka umumnya tidak melalui tahapan polip yang sesil. (Campbell, dkk, 2003)
Kelas Scyphozoa dikenal sebagai the true medusae (medusa sejati) atau jelly fish (ubur-ubur). Fase medusa sangat dominan dan fase polip tidak ada atau mereduksi. Bentuk tubuhnya seperti parasut atau payung yang melayang-layang di laut. Hewan ini memiliki lapisan mesoglea yang tebal dan dapat digunakan sebagai sumber nutrien. Contoh kelas ini antara lain Aurelia sp., Pelagia sp., Stomolopus sp., dan Chrysauna quinquecirrha.
Ordo pada Scyphozoa yaitu adalah sebagai berikut:
  1. Ordo Stauromedusa
  2. Ordo Cubomedusa, contoh: Chyronex Fleckery, Lebah laut.
  3. Ordo Coronatae, contoh: Periphylla
  4. Ordo Semaestomae, contoh: Chrysaora, Aurelia, Cyanea.
  5. Ordo Rhyzostomae, contoh: Cassiopeia dan Rhizost
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar