Fitografi


Berikut yang perlu diketahui tentang Fitografi, yaitu:
KORMUS DAN BAGIAN-BAGIANNYA
Kormus merupakan tumbuhan yang nyata memperlihatkan diferensiasi dalam tiga bagian pokok yaitu akar (radiks), batang (caulis) dan daun (folium). Ciri ini hanya dimiliki oleh Pteridophyta (tumbuhan paku) dan Spermatophyta (tumbuhan biji), sehingga keduanya dimasukkan dalam satu kelompok Cormophyta (tumbuhan kormus).
Pada tumbuhan terdapat bagian yang dipandang sebagai penjelmaan dari salah satu atau mungkin dua bagian pokok tadi, ch. :
  1. Kuncup (gemma), penjelmaan batang dan daun.
  2. Bunga (flos), penjelmaan batang dan daun.
  3. Duri (spina), penjelmaan dahan maupun daun.
  4. Alat-alat pembelit (cirrhus), dapat berasal dari daun atau dari dahan atau cabang.
  5. Umbi (tuber), penjelmaan batang.
  6. Rimpang (rhizoma), penjelmaan batang beserta daun-daunnya.
  7. Umbi lapis (bulbus), penjelmaan batang dan daun.
Selain itu masih dapat ditemukan alat-alat lain yang biasanya lebih kecil atau lebih halus yang disebut alat tambahan atau alat pelengkap (organa accesoria), ch.:
  • Rambut atau bulu (pilus)
  • Sisik (lepis)
Lentisel (lenticulus), dll.
Bagian tumbuhan yang berguna untuk mengambil dan mengolah zat hara disebut alat hara (organum nutritivum), ch. Akar, daun, umbi, piala atau gelembung bagi tumbuh-tumbuhan tertentu untuk menangkap serangga, dll. Alat-alat tersebut disebut alat-alat pertumbuhan atau alat-alat vegetatif. Bagian tumbuhan yang bertugas menghasilkan alat perkembangbiakan, disebut alat perkembangbiakan (organum reproductivum), ch.: bunga, buah, dan biji.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar