Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Kelapa


Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kelapa,diantaranya yaitu:
Keadaan Iklim
Suhu
Tanaman kelapa tumbuh dengan baik pada suhu antara 27-280C. Pada suhu di bawah 200C dan di atas 300C pertumbuhan tanaman kelapa tidak baik dan buahnya kecil-kecil.
Curah hujan
Tanaman kelapa dengan baik pada curah hujan 1.000-2.250 mm per tahun. Untuk mendapatkan hasil yang baik curah hujan yang dikehendaki adalah 1.500-2.000 mm per tahun yang tersebar merata sepanjang tahun. Tanaman kelapa tidak akan tumbuh dan berkembang bila ditanam di daerah dengan curah hujan tidak merata. Apabila curah hujan lebih dari 50 mm per tahun maka produksi kelapa akan rendah.
Sinar matahari
Tanaman kelapa akan tumbuh baik dan produktif bila intensitas penyinaran matahari tinggi. Jumlah penyinaran yang dibutuhkan tidak kurang dari 2000 jam/tahun
Kelembaban
Kelembaban yang dibutuhkan kelapa agar tumbuh baik dan produktif adalah 70-80% dengan kelembaban minimum 65%.
Ketinggian tempat
Ketinggian tanah yang cocok untuk tanaman kelapa adalah 0-600 M di atas permukaan laut dan yang terbaik adalah kurang dari 400 M di atas permukaan laut.
Keadaan Tanah
Kelapa dapat tumbuh subur pada pH 5-8, dan tumbuh optimum pada pH 5,5-6,5. Tanah yang mengandung fosfor dan kalium sangat baik bagi pertumbuhan kelapa. Di pesisir pantai, pohon kelapa dapat tumbuh dengan baik dan produktif meski pun kandungan NaCl tinggi karena ada infiltrasi dari air laut. Hal ini disebabkan air yang bergerak banyak mengandung oksigen yang penting untuk pernafasan akar (Warisno, 1998).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar