Ciri Khas Phylum Protozoa


Ada beberapa ciri khas phylum protozoa, yaitu:
  1. Bersel satu, berkoloni, simetris tubuh tidak ada, bilateral, radial atau spherical
  2. Bentuk sel umumnya tetap kecuali Rhizopoda
  3. Inti jelas, satu atau lebih, tidak memiliki organ atau jaringan
  4. Pergerakan dengan flagella, cilia, atau pseudopodia atau dengan sel itu sendiri
  5. Beberapa species memiliki pelindung/cangkok, banyak di antaranya yang membentuk kista
  6. Hidup bebas, komensalisme, mutualisme, atau parasitisme
  7. Nutrisi: holozoik (memakan organisme hidup lain), saprozoik (memakan organisme yang telah mati), holofitik atau autotrof (dapat membentuk makanan sendiri melalui fotosintesis), saprofitik (menyerap zat yang terlarut di sekitarnya).
  8. Reproduksi vegetatif dengan binary fission atau multiple fission sedangkangeneratifnya melalui persatuan gamet, konyugasi, atau autogami.

Protozoa secara umum dapat dijelaskan bahwa protozoa berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos artinya pertama dan zoon artinya hewan. Jadi,Protozoa adalah hewan pertama. Protozoa merupakan kelompok lain protista eukariotik. Kadang-kadang antara algae dan protozoa kurang jelas perbedaannya. Kebanyakan Protozoa hanya dapat dilihat di bawah mikroskop (mikroskopis). Protozoa Merupakan filum hewan bersel satu yang dapat melakukan reproduksi seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif).Habitat hidupnya adalah tempat yang basah atau berair. Jika kondisi lingkungan tempat hidupnya tidak menguntungkan maka protozoa akan membentuk membran tebal dan kuat yang disebut Kista. Ilmuwan yang pertama kali mempelajari protozoa adalah Anthony van Leeuwenhoek.
Protozoa hidup di air (di tempat yang basah). Mereka umumnya hidup bebas dan terdapat di lautan, lingkungan air tawar, atau daratan. Protozoa adalah mikroorganisme menyerupai hewan yang merupakan salah satu filum dari Kingdom Protista. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri dengan menggunakan organel-organel antara lain membran plasma, sitoplasma, dan mitokondria. Ciri-ciri umum : Organisme uniseluler (bersel tunggal), Eukariotik (memiliki membran nukleus), Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok), heterotrof, Dapat membentuk sista untuk bertahan hidup, Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagela. Ciri-ciri prozoa sebagai hewan adalah gerakannya yang aktif dengan silia atau flagen, memili membrane sel dari zat lipoprotein, dan bentuk tubuhnya ada yang bisa berubah-ubah.
Protozoa dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan kelasnya yaitu Rhizopoda, Flagellata, Sporozoa, dan Ciliata. Peran menguntungkan protozoa antara lain Sumber makanan ikan, Di perairan sebagian Protozoa berperan sebagai plankton (zooplankton)  dan benthos yang menjadi makanan hewan air, terutama udang, kepiting, ikan, dll. Indikator minyak bumi, Fosil Foraminifera menjadi petunjuk sumber minyak, gas, dan mineral. Bahan penggosok, Endapan Radiolaria di dasar laut yang membentuk tanah radiolaria, dapat dijadikan sebagai bahan penggosok. Sedang peran merugikan Protozoa adalah Protozoa menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan ternak.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar