Unsur-unsur Bauran Pemasaran

Ada beberapa unsur-unsur bauran pemasaran (marketing mix). Marketing mix sebagai controllable dapat dipandang sebagai kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan dan dapat digunakan untuk menghadapi dan meminimalisir pengaruh-pengaruh yang tidak dapat dikendalikan (uncontrollable varibles) seperti kondisi ekonomi,  kondisi  politik, persaingan dan nilai-nilai yang dianut masyarakat yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan.
Dalam prakteknya diperlukan kondisi yang baik antara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix tersebut. Dimana elemen tersebut terdiri dari: product, price, place and promotion, yang lebih dikenal dengan “4P”. Keempat elemen tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan dapat dikombinasikan sesuai dengan lingkungannya, baik dalam maupun luar perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas secara singkat keempat elemen marketing mix tersebut:
  1. Produk (product) merupakan titik sentral dari kegiatan pemasaran. Produk dapat berupa barang dan jasa. Produk adalah keseluruhan konsep objek atau konsep yang memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen. (Rambat Lupiyoadi, 2001). Yang perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja tetapi membeli benefit atau value dari produk tersebut yamg disebut the offer.
  2. Harga (price) merupakan jumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan suatu produk guna memenuhi kebutuhan dan keinginan yang belum terpuaskan.
  3. Tempat (place) menunjukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh produsen untuk menjadikan suatu produk yang dihasilkan dapat diperoleh dan tersedia bagi konsumen pada waktu yang tepat dan dimanapun konsumen berada. Oleh karena itu dalam penetapan seluruh distribusi, produsen hendaknya memperhatikan unsur-unsur yang terkait dalam bauran distribusi yang terdiri dari sistem saluran, daya jangkau, lokasi, persediaan dan transportasi.
  4. Promosi (promotion) meupakan seluruh kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dihasilkan, baik kepada konsumen sasaran maupun perantara, dengan maksud menyampaikan informasi yang bersifat memberitahu, membujuk, atau mengingatkan kembali segala sesuatu mengenai produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam bauran promosi tercakup kebijakan mengenai advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing dan marketing public relations.
  5. Orang (people) adalah orang-orang yang secara langsung terlibat dalam penyediaan produk jasa.
  6. Bukti fisik (physical evidence) merupakan elemen yang secara langsung mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk jasa yang ditawarkan.merupakan gabungan dari semua aktivitas dalam hal-hal rutin lainnya.
  7. Proses (process) merupakan gabungan dari semua aktivitas dalam hal-hal rutin lainnya, dimana produk atau jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar