Tingkatan Segmentasi Pasar

Ada beberapa tingkatan segmentasi pasar. Karena Pembeli memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, setiap pembeli sebenarnya memiliki potensi sebagai pasar yang terpisah. Oleh karena itu, idealnya, seorang penjual harus membuat program pemasaran terpisah bagi tiap-tiap pembeli. Akan tetapi, walaupun ada peusahaan yang berusaha melayani pembeli secara individual, tetapi banyak juga perusahaan lain yang menangani lebih banyak pembeli dengan daya beli yang lebih kecildan tidak menganggap perlu segmentasi yang utuh. Sebaliknya, mereka malahan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih luas dan berbeda kebutuhan akan produk atau reaksi pembelian mereka. Jadi, segmentasi pasar dapat dilakukan dalam tingkatan yang berbeda-beda. Gambar dibawah menunjukkan bahwa perusahaan-perisahaan dapat mempraktekkan tanpa segmentasi sama sekali (pemasaran massal), segmentasi menyeluruh (pemasaran mikro), atau sesuatu diantara keduanya (pemasaran segmen atau pemasaran relung).

GAMBAR: Tingkatan Segmentasi Pasar
(Sumber: Kotler & Armstrong, 2003, Dasar-Dasar Pemasaran)
Pemasaran Massal
Pemasaran Massal yaitu memproduksi secara massal, mendistribusikan secara massal dan mempromosikan secara massal produk yang nyaris sama dengan cara yang nyaris sama kepada semua konsumen. Argumen tradisional mengenai pemasaran massal adalah bahwa ia akan menciptakan potensi pasar yang paling besar.
Pemasaran Segmen
Pemasaran segmen adalah memisah-misahkan segmen-segmen yang luas yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen tersebut. Pemasaran segmen memberikan beberapa manfaat dibandingkan dengan pemasaran massal. Perusahaan dapat menawarkan barang dan jasanya secara lebih efisien, membidikkan produk dan jasa, saluran distribusi, dan program komunikasinya kepada konsumen yang sanggup dilayaninya secara sangat baik dan yang paling menguntungkan.
Pemasaran Relung
Pemasaran relung memfokuskan diri pada subkelompok yang ada di dalam segmen-segmen tersebut. Suatu relung (niche) merupakan kelompok yang didefinisikan secara lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan membagi sebuah segmen menjadi subsegmen atau dengan mendefinisikan suatu kelompok yang memiliki sejumlah cirri bawaan yang khas yang mundkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
Pemasaran Mikro
Pemasaran mikro adalah praktek perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan selera individu dan lokasi yang spesifik. Pemasaran mikro mencakup pemasaran lokal dan pemasaran individual.
Pemasaran Lokal
Pemasaran lokal melibatkan perancangan merek dan promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan keinginan kelompok pelanggan lokal: kota-kota, pemukiman, bahkan took yang spesifik.
Pemasaran Individual
Perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan secara individual. Pemasaran Individual juga dikenal dengan sebutan pemasaran satu ke satu (one-to-one marketing), pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan (customized marketing), dan pemasaran yang terdiri dari satu orang (markets-of-one marketing).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar