Sumber Radikal Bebas

Terdapat beberapa sumber-sumber radikal bebas. Sumber radikal bebas bisa berasal dari proses metabolisme dalam tubuh (internal) dan dapat berasal dari luar tubuh (eksternal). Dari dalam tubuh mencakup superoksida (O2), hidroksil (OH), peroksil (ROO), hidrogen peroksida (H2O2), singlet oksigen (1O2), oksida nitrit (NO), dan peroksinitrit  (ONOO). Dari luar tubuh antara lain berasal dari: asap rokok, polusi, radiasi, sinar UV, obat, pestisida, limbah industri, dan ozon (Siswono, 2005).
Menurut Dr. Pendyala G, sumber radikal bebas terbagi atas dua bagian yaitu sumber eksogen dan sumber endogen.
Sumber eksogen
Pencemaran udara, penipisan lapisan ozon, sumber radiasi, bahan kimia, toksin, asap rokok, mikroorganisme yang patologik, sinar UV yang akan meningkatkan kadar radikal bebas secara mendadak, sebagian obat seperti anastesi dan pestisida serta pelarut yang digunakan untuk industri merupakan sumber eksogen radikal bebas.
Sumber endogen
Sumber yang berasal dari proses metabolik yang normal dalam tubuh manusia, lebih 90% oksigen diproduksi dari proses metabolik tubuh yaitu melalui:
  1. Proses oksidasi makanan dalam menghasilkan tenaga di mitokondria yang dikenal sebagai electron transport chain dan akan memproduksikan radikal bebas superoxide anion (O2-).
  2. Sel darah putih seperti neutrofil secara khusus memproduksi radikal bebas yang digunakan dalam pertahanan pejamu untuk menghancurkan patogen yang menyerang.
  3. Sejumlah obat yang memiliki efek oksidasi pada sel dan menyebabkan produksi radikal bebas.
  4. Radikal bebas yang terbentuk sebagai perantara dan diperlukan dalam berbagai reaksi enzim.
  5. Proses oksidasi xanthin (senyawa yang ditemukan di sebagian besar jaringan tubuh dan cairan bertindak sebagai enzim yang terlibat dalam mengkatalis perubahan hypoxanthine kepada xanthine dan seterusnya kepada uric acid yang menghasilkan hydrogen peroxide).
  6. Reaksi yang melibatkan besi dan logam lain
  7. Olahraga yaitu dengan latihan yang lebih lama dan lebih intensif, oksigen akan lebih banyak dikonsumsi. Sementara oksigen adalah utlak penting untuk produksi energi tetapi terdapat juga oksigen yang akan membentuk radikal bebas.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar