Siklus Dalam Sistem Informasi Akuntansi

Ada beberapa siklus dalam sistem informasi akuntansi. Komponen-komponen sistem informasi akuntansi digunakan untuk menangani berbagai transaksi yang ada didalam perusahaan. Ransaksi-transaksi yang terjadi didalam perusahaan dapat dikelompokkan menjadi  enam kelompok siklus, yaitu sebagai berikut:
Siklus pengeluaran
Berhubungan dengan usaha mendapatkan sumber-sumber ekonomis yang diperlukan oleh perusahaan, terutama dalam bentuk barang dan jasa. Baik dari pemasok luar maupun dari karyawan didalam perusahaan. Siklus ini meliputi sistem pembelian, sistem hutang dan penggajian. Siklus pengeluaran mempunyai dua sistem utama, yaitu sistem pembelian dan sistem pembayaran kas. Sistem pembelian mencakup pengadaan sumber daya (misalnya barang dagang, suku cadang, alat tulis kantor) dan jasa (misalnya listrik, telpon); sedangkan pembayaran kas meliputi penyiapan pembayaran sampai penyerahan uang kepada pemasok atau penjual.
Siklus pendapatan
Berhubungan dengan penditribusian sumber-sumber ekonomi yang telah diubah bentuknya kepada pembeli & mendapatkan pembayarannya dari mereka. Siklus ini meliputi sistem pemesanan, sistem penjualan & sistem piutang dagang.
Siklus produksi
Berhubungan dengan pengumpulan, penggunaan & pengubahan bentuk suatu sumber ekonomi. Siklus ini meliputi sistem produksi dan sistem pengawasan persediaan.
Siklus keuangan
Berhubungan dengan pencarian atau pengumpulan dana atau modal dari para pemilik perusahaan dan para kreditur, serta para penggunanya. Dalam hal ini meliputi investasi jangka pendek, sebelum dana tersebut
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar