Segmentasi Pasar Konsumen

Ada beberapa pertimbangan dalam segmentasi pasar konsumen. Tetapi tidak ada cara yang baku untuk mensegmen sebuah pasar. Seorang pemasar harus mencoba menggunakan variabel segmentasi yang berbeda-beda baik dengan satu variabel saja maupun dengan mengkombinasikan variabel-variabel tersebut, untuk mencari data terbaik memandang struktur pasar.
Variabel-variabel utama segmentasi pasar yaitu geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.
Segmentasi Geografis
Segmentasi geografi yaitu membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda seperti negara, wilayah, negara bagian, kabupaten, kota, atau pemukiman. Perusahaan kemudian memilih satu atau beberapa area geografis sebagai tempat operasinya, atau dapat memilih semua area yang ada, namun tetap memfokuskan pada perbedaan geografis dalam kebutuhan dan keinginan.
Segmentasi Demografi
Segmentasi demografis membagi pasar menjadi sejumlah kelompok berdasarkan variabel-variabel seperti usia, jender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan. Faktor-faktor demografi tersebut merupakan dasar yang paling popular dalam mensegmentasi kelompok pelanggan. Salah satu alasannya adalah bahwa kebutuhan, keinginan, dan tingkat penggunaan konsumen terhadap produk biasanya bertalian erat dengan variabel-variabel demografi. Alasan lain adalah variabel demografi lebih mudah diukur dibandingkan kebanyakan jenis variabel lain.
Segmentasi Usia dan Tahap Siklus Hidup
Segmentasi Usia dan Tahap Siklus Hidup merupakan Upaya membagi pasar ke dalam kelompok usia dan siklus hidup yang berbeda. Kebutuhan dan keinginan konsumen berubah sesuai dengan usia. Beberapa perusahaan menggunakan segmentasi usia dan siklus hidup, dengan menawarkan produk dan menggunakan pendekatan pemasaran yang berbeda-beda bagi tiap-tiap usia maupun kelompok siklus hidup yang berbeda.
Segmentasi Berdasarkan Jender atau Jenis Kelamin
Segmentasi Berdasarkan Jender atau Jenis Kelamin adalah membagi suatu pasar ke sejumlah kelompok yang berbeda-beda menurut jenis kelamin. Segmentasi ini sudah lama digunakan dalam industri pakaian, kosmetika, kebersihan di kamar mandi (toiletries), dan majalah, bahkan Industri otomotif juga sekarang menggunakan segmentasi jender atau jenis kelamin secara luas.
Segmentasi Pendapatan
Segmentasi Pendapatan merupakan upaya membagi suatu pasar ke dalam kelompok pendapatan yang berbeda-beda. Segmentasi ini sudah lama digunakan oleh para pemasar produk dan jasa dalam industri automobile, perahu, pakaian, kosmetika, layanan keuangan, dan perjalanan wisata. Banyak perusahaan yang membidik konsumen kalangan atas dengan menyediakan barang-barang mewah dan layanan yang menyenangkan. Akan tetapi, tidak semua perusahaan yang menggunakan segmentasi pendapatan membidik kalangan atas. Walaupun daya beli mereka lebih rendah, hampir 40 persen dari rumah tangga yang pendapatannya lebih rendah dari kalangan atas atau kalangan menengah merupakan pasar yang cukup menarik.
Segmentasi Psikografis
Segmentasi psikografis merupakan upaya membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup, atau karakteristik kepribadian. Orang-orang yang berada dalam kelompok demografi yang sama bias saja memiliki tampilan psikografis yang berbeda.
Segmentasi Perilaku
Segmentasi Perilaku merupakan upaya membagi suatu pasar ke dalam sejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, kegunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk. Banyak pemasar percaya bahwa variable-variabel perilaku merupakan gagasan awal yang paling dalam membangun segmen pasar.
Segmentasi Situasi
Segmentasi situasi merupakan suatu upaya pasar menurutsituasi pada saat mereka mempunyai keinginan untuk membeli, saat mereka benar-benar membeli, atau benar-benar menggunakan barang yang mereka beli. Segmentasi situasi dapat membantu perusahaan memperkuat kegunaan suatu produk.
Segmentasi Manfaat
Segmentasi manfaat merupakan upaya membagi pasar ke sejumlah kelompok berdasarkan manfaat-manfaat yang berbeda yang mereka cari dari suatu produk. Segmentasi manfaat menurut perusahaan menemukan manfaat-manfaat utama yang dicari orang dalam sebuah  kelas produk, tipe orang apa yang mencari tiap-tiap manfaat tersebut, dan merek-merek utama yang memberikan tiap-tiap manfaat tersebut.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar