Perubahan Harga Saham

Perubahan harga saham dapat terjadi kapan saja karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Harga saham mencerminkan nilai suatu saham. Harga saham yang terjadi di pasar modal berfluktuasi, hal ini disebabkan oleh perubahan penilaian masyarakat terhadap nilai saham perushaan yang bersangkutan. Tetapi banyak faktor yang mempengaruhi pembentukan harga saham di pasar modal diantaranya kondisi perekonomian suatu negara, situasi politik, kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, dan kondisi perekonomian atau performance perusahaan yang menerbitkan surat berharga itu sendiri. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi naikturunnya harga saham. Kondisi atau peformance perusahaan tersebut dapat dilihat melalui laba akuntansi dan komponen arus kas.
Laba merupakan prediktor arus kas ke investor dalam bentuk dividen, kenaikan nilai investasi, dan pengembalian dalam penjualan investasi, di mana laba menentukan harga saham. Aktivitas operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan perusahaan (principal revenue activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan pendanaan, umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang mempengaruhi penetapan laba atau rugi bersih, dan merupakan indikator yang menentukan apakah dari operasi perusahaan dapat menghasilkan kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, memelihara kemampuan operasi perusahaan, membayar dividen dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan pada sumber pendanaan dari luar.
Aktivitas investasi adalah aktivitas yang menyangkut perolehan atau pelepasan aktiva jangka panjang dan investasi yang tidak termasuk dalam pengertian setara kas. Aktivitas ini berhubungan dengan sumber daya yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dan arus kas masa depan seperti pembelian mesin produksi, tanah, dan gedung. Mengutip dari Livnat dan Zarowin (1990) dari penelitian Fitra (2007) menyatakan bahwa kenaikan investasi memungkinkan timbulnya arus kas masa depan yang lebih tinggi apabila kinerja perusahaan baik, yang berarti perubahan arus kas dari aktivitas investasi mempunyai pengaruh terhadap harga saham pada saat pengumuman investasi baru.
Aktivitas pendanaan adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah dan komposisi hutang jangka panjang dan modal perusahaan. Aktivitas ini terkait dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana dari pihak luar seperti pinjaman/hutang atau penjualan saham apabila dana dari aktivitas operasi tidak mencukupi, untuk mendanai investasi pertumbuhan perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka panjangnya serta pembayaran dividen kepada investor dari kas yang tersisa dari kegiatan operasinya. Jensen (1986) dalam penelitian Fitra (2007) menyatakan bahwa dengan adanya hutang dapat digunakan untuk mengendalikan penggunaan free cash flow secara berlebihan oleh manajemen, dengan demikian menghindari investasi yang sia-sia.
Diduga investor telah memanfaatkan informasi dari aktivitas pendanaan guna menilai apakah perusahaan sudah memanfaatkan sebaik-baiknya modal yang ada untuk membantu pelaksanaan kegiatan operasional dan investasinya, sedangkan Miller dan Rock (1985) dari penelitian Daniati (2006) dengan teori sinyal (signaling theory) menjelaskan bahwa pasar akan bereaksi negatif terhadap pengumuman pendanaan dari kas karena akan berpengaruh terhadap arus kas dari operasi yang lebih rendah untuk masa yang akan datang, dengan demikian arus kas dari aktivitas pendanaan mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga saham.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar