Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Pertumbuhan ekonomi dunia banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Perekonomian dianggap mengalami pertumbuhan jika seluruh balas jasa riil terhadap penggunaan faktor produksi pada tahun tertentu lebih besar daripada tahun sebelumnya. Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi lebih menunjukkan pada perubahan yang bersifat kuantitatif dan biasanya diukur dengan menggunakan data produk domestik bruto (PDB) atau pendapatan atau output perkapita.
Menurut Sukirno (2006), dalam kegiatan perekonomian yang sebenarnya pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan fisikal produksi barang dan jasa yang berlaku di suatu negara, seperti pertambahan dan jumlah produksi barang industri, perkembangan infrastruktur, pertambahan jumlah sekolah, pertambahan produksi sektor jasa dan pertambahan produksi barang modal.
Perekonomian  negara – negara berkembang dewasa ini sangat dipengaruhi oleh kondisi dan situasi dari ekonomi negara – negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan China. Keadaan ekonomi beserta prospek kedepan dari negara super power tersebut secara langsung maupun tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.
Bagi perusahaan – perusahaan yang memiliki pasar di luar negeri atau perusahaan yang melakukan impor baik bahan baku maupun produk jadi akan bergantung dengan daya beli pasar dan tingkat output produksi perusahaan – perusahaan di negara – negara tersebut. Untuk itu analisis terhadap situasi perekonomian global sangat penting untuk dilakukan dalam menilai prospek fundamental suatu perusahaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar