Pengertian Test of Control

Ada beberapa pengertian test of control menurut para ahli. Dalam memenuhi standar auditing kedua, perlu dibedakan antara prosedur pemahaman atas pengendalian intern dan pengujian pengendalian (test of control). Dalam pelaksanaan standar tersebut, auditor melaksanakan prosedur pemahaman pengendalian intern dengan cara mengumpulkan informasi tentang desain pengendalian intern dan informasi apakah desain tersebut dilaksanakan. Di samping itu, pelaksanaan standar tersebut juga mengharuskan auditor malakukan pengujian terhadap efektivitas pengendalian intern dalam mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Pengujian ini disebut dengan istilah pengujian kepatuhan (complience test) atau sering disebut dengan pengujian pengendalian (test of control).
Pengujian pengendalian (test of control) menurut Mulyadi (2002) adalah: “Test of Control adalah salah satu unsur kegiatan pemeriksaan intern yang bertujuan untuk menentukan dan mengawasi apakah pelaksanaan aktivitas-aktivitas dalam perusahaan telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan”.
Selain pengertian test of control di atas, ada juga pengertian pengujian pengendalian (test of control) yang dikemukakan oleh Arens, dkk yang diterjemahkan oleh Amir Abadi Yusuf (2003) adalah: “Test of Control adalah prosedur audit untuk menguji efektivitas operasional dari pengendalian dalam mendukung pengurangan resiko pengendalian yang dinilai”.
Adapun pengertian pengujian test of control menurut Sukrisno Agus (2001) adalah : “Test of Control adalah test terhadap bukti-bukti pembukuan yang mendukung transaksi yang dicatat perusahaan untuk mengetahui apakah setiap transaksi yang terjadi sudah diproses dan dicatat sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditetapkan manajemen”.
Dari uraian di atas, disimpulkan pengertian test of control adalah prosedur audit yang bertujuan untuk menentukan dan mengawasi apakah pelaksanaan aktivitas-aktivitas dalam perusahaan telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar