Pengertian Sumber Daya Perusahaan


Pengertian Sumber daya perusahaan adalah alat yang digunakan perusahaan dalam mencapai tujuannya (Amirullah, 2005). Sumber daya yang kompetitif bagi sebuah bisnis terdiri dari beberapa elemen utama, meliputi:
  1. Sumber daya modal atau uang berhubungan dengan sejumlah uang yang harus disediakan untuk memperoleh faktor-faktor produksi seperti membeli bahan baku dan alat-alat yang dibutuhkan, serta membiayai gaji tenaga kerja.
  2. Sumber daya manusia berkerja sama melakukan proses kerja untuk mencapai tujuan perusahaan.
  3. Sumber daya material merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktivitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan produk untuk dijual, terdiri dari bahan mentah, setengah jadi (raw material) dan bahan jadi.
  4. Metode atau manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan perusahaan.
  5. Sumber daya mesin merupakan satu elemen tambahan yang biasanya dihubungkan dengan penggunaan teknologi dalam menciptakan efisiensi kerja.
Aset terkait dengan sumber daya modal yang dikendalikan oleh perusahaan. Sumber daya ini merupakan investasi yang diharapkan untuk menghasilkan laba di masa depan melalui aktivitas operasi (Subramanyam, 2010). Sistem akuntansi membagi aset ke dalam kelompok dalam rangka penyajian di neraca. Dua dari kelompok tersebut adalah (1) aset lancar dan (2) aset tidak lancar (Stice et al., 2005).
Aset lancar merupakan kas dan aset lainnya yang diharapkan akan dikonversi menjadi kas atau dijual atau dipakai habis dalam satu tahun atau kurang, dalam operasi bisnis yang normal. Selain kas, aktiva lancar yang biasanya dimiliki oleh perusahaan adalah surat berharga, piutang, wesel tagih, persediaan, perlengkapan dan beban di bayar di muka lainnya.


Aktiva tidak lancar disajikan dalam kelompok yaitu investasi untuk tujuan jangka panjang, properti, pabrik dan peralatan (aktiva tetap), aktiva tidak berwujud, dan aktiva tidak lancar lain (Stice et al., 2005).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar