Pengertian Struktur Modal

Pengertian Struktur modal adalah gabungan antara hutang jangka panjang dan modal yang harus pertahankan oleh perusahaan. Pada dasarnya tugas manajer keuangan perusahaan adalah berusaha mencari keseimbangan finansial neraca yang dibutuhkan serta mencari susunan kualitatif neraca tersebut dengan sebaik-baiknya. Pemilihan susunan kualitatif pada sisi asset akan menentukan struktur kekayaan perusahaan, sedangkan pemilihan susunan kualitatif dari sisi liabilities dan equities akan menentukan struktur keuangan dan struktur modal perusahaan.
Struktur modal merupakan salah satu keputusan keuangan yang dihadapi manajer keuangan berkaitan dengan komposisi utang, saham preferen, dan saham biasa yang harus digunakan oleh perusahaan. Ketika perusahaan menggunakan hutang, biaya modal akan sebesar biaya bunga yang dibebankan oleh kreditur, sedangkan pada kreditur akan timbul opportunity cost dari dana yang digunakan.
Menurut Sugiarto (2009) definisi struktur modal adalah :“Struktur Modal Perusahaan merupakan bagian dari struktur keuangan perusahaan yang mengulas tentang cara perusahaan mendanai aktivanya, dengan demikian terkait fungsi mendapatkan dana dari manajemen keuangan.”
Sedangkan menurut Irham Fahmi (2011), menyatakan tentang struktur modal: “Struktur modal merupakan gambaran dari bentuk proporsi finansial perusahaan yaitu antara modal yang dimiliki yang bersumber dari utang jangka panjang (long-term liabilities) dan modal sendiri (shareholder’s equity) yang menjadi sumber pembiayaan suatu perusahaan.”
Berdasarkan kedua definisi di atas menunjukan bahwa stuktur modal merupakan cara perusahaan mendanai aktivanya yang bersumber dari utang jangka panjang dan modal sendiri. Pemilihan sumber dana ini berdasarkan manajemen keuangan yang ditetapakan perusahaan melalui aspek penggunaaan dana, keberanian menanggung risiko, rencana strategis, serta analisis biaya dan manfaat yang diperoleh dari sumber dana.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar