Pengertian Sectio Caesarea


Pengertian Sectio caesarea adalah suatu tindakan untuk melahirkan bayi dengan berat diatas 500 gr, melalui sayatan pada dinding uterus yang masih utuh (intact) (Abdul, 2008). Menurut Pilliteri (2007), sectio caesarea adalah persalinan melalui insisi abdominal dan uterus dengan prosedur pembedahan, tindakan dilakukan jika persalinan pervaginam tidak bisa dilakukan.
Sectio caesarea merupakan prosedur bedah untuk pelahiran janin dengan insisi melalui abdomen dan uterus (Liu, 2007). Sedangkan menurut Sarwono (2005) Sectio caesarea adalah suatu persalinan buatan, dimana janin dilahirkan melalui suatu insisi pada dinding perut dan dinding rahim dengan sayatan rahim dalam keadaan utuh serta berat janin diatas 500 gram.
Sectio caesarea atau bedah sesar adalah sebuah bentuk melahirkan anak dengan melakukan sebuah irisan pembedahan yang menembus abdomen seorang ibu (laparotomi) dan uterus (hiskotomi) untuk mengeluarkan satu bayi atau lebih (Dewi Y, 2007).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa sectio caesarea adalah suatu tindakan operasi yang bertujuan untuk melahirkan bayi dengan jalan pembukaan dinding perut.
Indikasi sectio caesarea dari faktor ibu adalah ibu dengan penyakit herpes genital atau papiloma, positif menderita HIV-AIDS, disproporsi kepala panggul, servik kaku atau tidak membuka, hipertensi dalam
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar