Pengertian Rasio Aktivitas

Ada beberapa pengertian rasio aktivitas. Tingkat aktivitas bagi perusahaan adalah sangat penting, karena tingkat aktivitas perusahaan ini dapat mencerminkan perusahaan untuk menunjukkan kemampuan dalam mengelola sumber-sumber yang dimilikinya. Dengan rasio aktivitas, perusahaan juga dapat mengukur besarnya efektivitas manajemen dalam perusahaan. Agar lebih jelas memahami lebih lanjut tentang pengertian analisis rasio aktivitas.
Dalam buku “Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan” yang dimaksud dengan analisis rasio aktivitas adalah rasio-rasio yang dimaksudkan untuk mengukur sampai seberapa besar efektivitas perusahaan dalam mengerjakan sumber-sumber dananya (inventory turnover, average collection period dan lain sebagainya) (Bambang Riyanto,1996).
Sedangkan dalam buku “Analisis Kredit untuk Account Officer ”, yang dimaksud dengan analisis rasio aktivitas, yaitu “rasio yang menunjukkan kemampuan dan efektivitas manajemen dalam mengelola sumber-sumber yang dimilikinya”(Jopie Jusuf , 1995).
Dari kedua pengertian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa analisis rasio aktivitas sangat penting bagi para pemakai laporan keuangan karena rasio aktivitas ini dapat mengukur seberapa besar efektivitas manajemen perusahaan dalam mengelola sumber-sumber dana yang dimilikinya.
Dalam buku “Analisa Laporan Keuangan” pengertian analisis rasio aktivitas adalah rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari atau kemampuan perusahaan dalam penjualan, penagihan piutang maupun pemanfaatan aktiva yang dimiliki” (Dr. Munawir;2000).
Sedangkan pengertian analisis rasio aktivitas menurut Soemarso S. R yaitu “mengukur efisien tidaknya pengelolaan sumber-sumber dana yang dipunyai perusahaan”(1999).
Berdasarkan kedua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa analisis rasio aktivitas adalah menilai dan mengukur efisien tidaknya perusahaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dalam mengelola sumber-sumber dana yang dipunyai perusahaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar