Pengertian Profitabilitas

Pengertian Profitabilitas adalah alat yang digunakan untuk menganalisis kinerja manajemen, tingkat profitabilitas akan menggambarkan posisi laba perusahaan. Para investor di pasar modal sangat memperhatikan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan dan meningkatkan laba, hal ini merupakan daya tarik bagi investor dalam melakukan jual beli saham, oleh karena itu manajemen harus mampu memenuhi target yang telah ditetapkan..
Menurut Kasmir (2008), “Rasio profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan”. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efektifitas manajemen suatu perusahaan. Hal ini ditunjukkan oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan pendapatan investasi. Pada dasarnya penggunaan rasio ini yakni menunjukkan tingkat efesiensi suatu perusahaan.
Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Profitabilitas suatu perusahaan diukur dengan kesuksesan perusahaan dan kemampuan menggunakan aktivanya secara produktif, Jumlah keuntungan (laba) yang diperoleh secara teratur serta kecenderungan atau trend keuntungan yang meningkat merupakan suatu faktor yang sangat penting yang perlu mendapat perhatian penganalisaan di dalam menilai laba (profitability). Profitabilitas sering digunakan untuk mengukur efisiensi pengggunaan modal yang digunakan dalam operasi. Sebagaimana diungkapkan James A.F. Stoner (Alih Bahasa Oleh Agus Maulana, 1996) profitabilitas dirancang untuk menjabarkan laba perusahaan ke dalam perspektif sebagai ukuran efisiensi dari operasi perusahaan.
Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dalam kegiatan operasinya merupakan fokus utama dalam penilaian prestasi perusahaan. Laba perusahaan selain merupakan indikator kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban bagi para penyandang dananya, juga merupakan elemen dalam menciptkan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan pada masa yang akan datang. Efektivitas dinilai dengan menghubungkan laba bersih yang didefinisikan dengan berbagai cara terhadap aktiva yang digunakan untuk menghasilkan laba.
Profitabilitas menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Menurut Agus Sartono (2001) definisi profitabilitas adalah sebagai berikut:
”Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri”.
Sedangkan Irham Fahmi (2011) menyatakan profitabilitas sebagai berikut:
“Profitabilitas mengukur efektifitas manajemen secara keseluruhan yang di tujukan oleh besar kecilnya tingkat keuntungan yang diperoleh dalam hubungannya dengan penjualan maupun investasi.”
Berdasarkan kedua definisi di  atas menunjukan bahwa profitabilitas merupakan perhitungan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Profitabilitas ini dapat juga memberikan ukuran tingkat efektifitas manajemen suatu perusahaan. Hal ini ditunjukan oleh besar kecilnya laba yang dihaslkan dari penjualan dan pendapatan investasi. Inti dari profitabilitas ini adalah untuk menunjukan efisiensi perusahaan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar