Pengertian Pemasaran Relasional

Terdapat beberapa pengertian pemasaran relasional yang diberikan oleh para ahli. Pemasaran relasional sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pelanggannya agar perusahaan tersebut dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan tersebut.
Adapun pengertian pemasaran relasional menurut Lupiyaddi (2001) pengertian pemasaran ralasional menekankan rekruitmen dan pemeliharaan (mempertahankan) pelanggan melalui peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggannya.
Menurut (Syafruddin Chan, 2003) pengertian pemasaran relasional merupakan pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan.
Menurut Zeithaml and Bitner (2003) menyatakan pengertian pemasaran relasional ialah:“The Primary goal of relationship marketing to build and maintain a base of commited customers who are profitable for the organization. To achieve this goal, the firm will focus on the attraction, retention, and enhancement of customers relationship. First the firm will seek to attract customers who are likely ti become long-term relationship customers”. Yang artinya: menyatakan bahwa tujuan utama dari pemasaran relasional adalah untuk membangun dan mempertahankan pelanggan yang komit yang menguntungkan bagi perusahaan dan pada waktu yang sama meminimumkan waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk pelanggan yang kurang menguntungkan.
Pengertian Pemasaran Relasional menurut Kotler (2000): “Relationship marketing has the aim of building long-term matually satisfying relations with key parties-customer, suppliers, distributors in order to earn and relaintheir long term preference and business”.
Sedangkan Menurut Charles M. Futrell (2000): “Relationship marketing is creation of customer loyalty. Organizations use combinations of product-prices, distributions, and services to achieve this goal. Relationship Marketing based on the idea that important customers need continous attention”.
Dari beberapa pengertian pemasaran relasional diatas dapat disimpulkan bahwa bahwa pengertian pemasaran relasional adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dengan menciptakan komunikasi dua arah dan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar