Pengertian Marketing Mix

Terdapat beberapa pengertian marketing mix. Salah satu konsep utama dunia usaha adalah kebijakan bauran pemasaran dimana merupakan kombinasi dari empat variabel yang inti dari sistem pemasaran perusahaan dan dapat digunakan perusahaan untuk menjangkau konsumen sebagai sasaran pasarnya. Perusahaan harus dapat menetapkan bauran pemasaran dengan tepat pada segmen pasar yang diinginkan agar tingkat penjualan dapat tercapai.
Perbedaan bauran pemasaran yang dijalankan oleh setiap perusahaan, menyebabkan kombinasi dari keempat faktor tersebut banyak sekali, faktor-faktor yang dapat dikendalikan tersebut saling ketergantungan sangat besar, oleh katrena itu penggunaannya harus benar-benar disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.
Variabel-variabel dalam bauran pemasaran perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan agar perusahaan dapat melakukan tugas pemasaran seefektif mungkin. Jadi perusahaan tidak hanya sekedar memilih kombinasi yang terbaik saja, tetapi juga harus mengkoordinasikan berbagai macam elemen dari variabel bauran pemasaran secara tepat.
Marketing mix merupakan salah satu konsep utama dalam pemasaran modern dan juga suatu elemen penting dari strategi pemasaran karena  merupakan kombinasi faktor-faktor controllable marketing variables yang diklasifikasikan oleh Jerome Mc Charthy and William D. Perreult. Jr, menjadi 4 kelompok yaitu product, price, place, and promotion.
            Menurut Robert Lauterborn mengemukakan bahwa 4 P (penjual) berpasangan dengan 4 C (pelanggan) yaitu sebagai berikut :
Produk (product)  --- Solusi pelanggan (costumer solution)
Harga (price) --- Harga pelanggan (costumer cost)
Tempat (place) --- Kenyamanan (convinience)
Promosi (promotion) --- Komunikasi (communication)
Yang menjadi pemenang adalah perusahaan yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan hemat dan nyaman serta dengan komunikasi yang selektif.
Menurut (Kotler, 2004) “marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market”. Yang artinya: bahwa bauran pemasaran adalah seperangkat variabel pemasaran yang dapat dikuasai oleh perusahaan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam pasar sasaran.
Sedangkan menurut (Elbert dan Griffin, 20000) “marketing mix is the combination of product, pricing, promotion, and distribution srtategy used to market product”. Yang artinya bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi dari produk, harga, promosi, dan strategi distribusi yang digunakan untuk memasarkan produk.
Dapat disimpulkan bahwa marketing mix (bauran pemasaran) adalah langkah-langkah perusahaan dalam menjual hasil-hasil produksi suatu perusahaan baik barang maupun jasa dalam jangka panjang, untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan dan manusia pada umumnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar