Pengertian Market Value Added


Pengertian market Value Added (MVA) adalah Perbedaan antara nilai pasar dari perusahaan (hutang dan ekuitas) dengan total investasi modal kedalam perusahaan, nilai pasar dari perusahaan adalah “enterprise value” dari perusahaan yang bersangkutan dimana merupakan hasil jumlah seluruh nilai pasar yang diklaim oleh pihak lain terhadap perusahaan pada suatu waktu tertentu, total investasi modal adalah seluruh investasi yang dikeluarkan semua pihak kepada perusahaan pada suatu waktu tertentu.
Oleh karena itu Market Value Added (MVA) harus positif, maka Market Value Added (MVA) dapat dirumuskan sebagai berikut (Adler Haymans, 2006):
MVA = (Harga Pasar Saham – Nilai Buku Per Lembar Saham) x Jumlah Saham yang Dikeluarkan
Market Value Added (MVA) diperoleh dengan mengalikan selisih antara harga pasar saham dan nilai buku perlembar saham dengan jumlah saham yang dikeluarkan. Nilai pasar saham perusahaan dicerminkan oleh harga saham yang tercantum pada akhir periode selama tahun tersebut berlangsung (umumnya per 31 Desember). Nilai buku per lembar saham diperoleh dengan membagi  keuntungan perlembar saham atau earning per share (EPS) dengan tingkat  pengembalian atas modal sendiri atau return on equity (ROE) atau dengan membagi total equity dengan jumlah lembar saham yang beredar. (Adler Haymans, 2006).
Dalam kaitannya dengan nilai, pemodal juga perlu untuk melihat apakah manajemen emiten menciptakan atau merusakan nilai pemegang saham. Rasio yang banyak digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) (Jaka E Cahyono, 2006).
Market Value Added (MVA) mewakili perbedaan antara apa yang pemodal tempatkan di emiten tertentu dan apa yang dapat mereka ambil. Secara sederhana konsep ini mengacu pada nilai total yang pasar berikan pada semua saham dan obligasi perusahaan (atau juga bisa berarti apa yang akan pemodal bisa terima jika mereka menjual semua saham) dikurangi biaya modal yang mereka investasikan. Jika Market Value Added (MVA) sebuah perusahaan positif, maka manajemen telah membuat pemegang saham lebih kaya. Market Value Added (MVA) dapat dipahami sebagai premi yang diberikan pasar kepada sebuah perusahaan (Jaka E Cahyono, 2006).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar