Pengertian Linear Programming

Pengertian Program linear yang diterjemahkan dari linear programming (LP) adalah suatu cara untuk menyelesaikan persoalan pengalokasian sumbersumber yang terbatas diantara beberapa aktivitas yang bersaing dengan cara yang terbaik yang mungkin dilakukan (Dimyati,1994). Persoalan pengalokasian ini akan muncul manakala seseorang harus memilih tingkat aktivitas-aktivitas tertentu yang bersaing dalam hal penggunaan sumber daya langka yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tersebut.
Pengertian Linear Programming lebih jelasnya adalah sebagai berikut:
  1. Linear Programming merupakan suatu model umum yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pengalokasian sumber-sumber yang terbatas secara optimal.
  2. Model yang digunakan dalam memecahkan masalah alokasi sumberdaya perusahaan adalah model matematis
  3. Semua fungsi matematis yang disajikan dalam model haruslah dalam bentuk fungsi linear
Beberapa contoh situasi dari uraian di atas antara lain ialah persoalan pengalokasian fasilitas produksi persoalan pengalokasian sumber daya nasional untuk kebutuhan domestik. Satu hal yang menjadi ciri situasi di atas ialah adanya keharusan untuk pengalokasian sumber terhadap aktivitas.
Pemrograman linear ini menggunakan model matematis untuk menjelaskan persoalan yang dihadapinya. Sifat linear disini memberi arti bahwa seluruh fungsi matematis dalam model ini merupakan fungsi yang linear, sedangkan kata programa merupakan sinonim untuk perencanaan aktivitas-aktivitas untuk memperoleh suatu hasil yang optimum, yaitu suatu hasil yang mencapai tujuan terbaik diantara seluruh alternatif yang fisibel.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar