Pengertian Fluktuasi

Ada beberapa pengertian fluktuasi. Fluktuasi lebih mengarah kepada konsep ketidaktetapan / tidak stabil atau berubah-ubah. Kata fluktuasi biasa digunakan dalam bidang ekonomi, perbankan, ilmu sosial, ilmu alam maupun disiplin ilmu lainnya. Jadi kata fluktuasi dapat berbeda arti sesuai dengan konteks penggunaannya.
Definisi fluktuasi atau pengertian fluktuasi (menurut http://www.sisilain.net/) adalah lonjakan atau ketidaktetapan segala sesuatu yang bisa digambarkan dalam sebuah grafik. Contohnya seperti fluktuasi harga barang, guncangan atau fluktuasi dalam pengukuran gelombang listrik, dll.
Dalam perdagangan internasional digunakan lebih dari satu mata uang, hal ini dapat mengakibatkan fluktuasi antara nilai mata uang satu dengan mata uang lainnya. Hal tersebut dapat menimbulkan risiko fluktuasi antar nilai mata uang tesebut. Menurut Surya, Yohanes (2007) Fluktuasi adalah perubahan naik atau turunya suatu variabel yang terjadi sebagai akibat dari mekanisme pasar. Secara tradisional fluktuasi dapat diartikan sebagai perubahan nilai.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa fluktuasi adalah suatu perubahan variabel tertentu yang umumnya terjadi karena mekanisme pasar. Perubahan itu dapat berupa kenaikan atau penurunan nilai variabel tersebut.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar