Pengertian Desain Komunikasi Visual

Pengertian Desain Komunikasi Visual menurut beberapa para ahli adalah sebagi berikut; desain komunikasi visual memiliki pengertian secara menyeluruh, yaitu rancangan sarana komunikasi yang bersifat kasat mata (Sanyoto (2006). Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan daya kreatif, yang diaplikasikan dalam pelbagai media komuikasi visual dengan mengolah elemen Desain. (Sumbo, 2009).
Pengertian desain komunikasi visual dapat diuraikan berdasarkan kata pembangunnya yaitu, desain, komunikasi dan visual. Desain adalah penyusunan pengalaman visual dan emosional dengan memperhatikan elemen-elemen dan prinsip desain yang dituangkan dalam satu kesatuan komposisi yang mantap dan serasi. Komunikasi adalah proses peyampaian beritaatau pesan antara dua orang atau lebih melalui teknik-teknik dan cara-caea tertentu. Visual adalah penggambaran satu atuau beberapa objekmelalui teeknik dan cara tertentusecara menarik. Jadi,desain komunikasi visual adalah penyusunan pengalaman visual dan emosialdengan memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain yang dituangkan dalam satu kesatuan komposisiyang mantap dan serasiyang digambarkan melalui cara-cara dan teknik-teknik tertentu yangditujukan sebagai media penyampaian berita atau pesan.
Sedangkan pengertian Desain Grafis dari beberapa para ahli antara lain; Desain Grafis adalah proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar (Hendi, 2008). Desain Grafis adalah suatu jenis seni yang paling banyak/sering terlihat diantara jenis-jenis seni lainnya, karena Desain Grafis dapat ditemukan dimanapun dan kapanpun (Resnick, 2003).
Adapula pengertian yang lebih menjelaskan mengapa ada istilah Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis, telah dijabarkan oleh Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya (2000) sebagi berikut:
Desain Grafis kerap disebut sebagai Desain Komunikasi Visual, tetapi organisasi profesi Desain Grafis internasional (ICOGRADA) tetap menggunakan istilah Graphic Design untuk profesi ini......, desain yang dibuat ditempatkan pada ilmu-ilmu komunikasi.
Dari uraian pengertian-pengertian desain komunikasi visual menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa Desain Komunikasi Visual maupun Desain Grafis tidaklah terlalu berbeda, sebab pada dasarnya dalam Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis terdapat elemen-elemen desain seperti: garis; bentuk; tekstur; ruang; ukuran; dan warna. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah Desain Komunikasi Visual ditempatkan pada ilmu-ilmu komunikasi, sedangkan Desain Grafis tidak terikat dengan ilmu-ilmu komunikasi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar