Pengertian Department Store

Ada beberapa pengertian department store. Secara definitif pengecer atau toko pengecer adalah sebuah lembaga yang melakukan kegiatan usaha menjual barang kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi (nonbisnis) Swastha (dalam Suryandari, 2003). Pengertian tentang perdagangan eceran yang hampir sama juga dikemukakan oleh Meyer (dalam Suryandari 2003) sebagai semua fungsi atau kegiatan yang melibatkan penjualan (atau sewa) barang dan jasa kepada pengguna akhir, termasuk rumah tangga, perorangan, dan lainnya yang membeli barang atau jasa untuk konsumsi akhir. Menurut metode operasinya, perdagangan eceran dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu perdagangan eceran dalam toko dan perdagangan eceran tanpa toko.
Masing-masing golongan meliputi beberapa perdagangan eceran antara lain perdagangan eceran dalam toko yang terdiri dari perdagangan eceran dengan servis penuh, perdagangan eceran supermarket, perdagangan eceran dengan potongan. Sedangkan perdagangan eceran tanpa toko meliputi penjualan melalui tenaga penjualan di luar toko, penjualan melalui pos, penjualan dengan mesin otomatis. Jenis-jenis utama operasi eceran meliputi, department store, toko khusus, pasar swalayan, toko kebutuhan sehari-hari, toko obat, toko diskon, dan restoran (Lamb, Hair dan McDaniel, 2001).
Department store merupakan jenis bisnis eceran yang menyediakan variasi produk belanja dan produk-produk khusus secara luas, termasuk pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga, alat-alat rumah tangga dan mebel. Pembelian biasanya dilakukan di masing-masing bagian diperlakukan sebagai pusat pembelian terpisah agar ekonomis dalam promosi, pembelian, pelayanan, dan pengawasan. Masing-masing bagian biasanya dikepalai oleh seorang buyer, yang tidak saja memilih produk dagangan untuk bagiannya tetapi juga bertanggung jawab atas keseluruhan promosi dan personil (Lamb, Hair dan McDaniel, 2001).
Dari uraian di atas, department store merupakan salah satu jenis bisnis eceran yang menjual produk berupa makanan maupun nonmakanan dimana Universitas Sumatera Utarapembelian dilakukan pada bagian masing-masing dan setiap bagian dikepalai oleh seorang buyer.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar