Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Ada beberapa pengertian analisis laporan keuangan yang diberikan oleh para ahli. Salah satu tugas penting manajemen atau investor setelah akhir tahun adalah menganalisa laporan keuangan perusahaan. Analisa ini berdasarkan pada laporan keuangan yang sudah disusun. Pengertian tentang analisis laporan keuangan dalam buku “Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan” menyatakan bahwa:
“Menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain baik antara data kualitatif maupun data non kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan yang tepat” (Sofyan Safri Harahap, 2001).
Dari pengertian di atas, penulis menyimpulkan bahwa analisa laporan keuangan dapat memperdalam informasi dari data yang terdapat dalam suatu laporan keuangan, sehingga lebih bermanfaat bagi para pengambil keputusan.
Sedangkan pengertian analisis laporan keuangan dalam buku “Akuntansi Suatu Pengantar.”
“Analisis Laporan Keuangan (Financial Analysis) adalah hubungan antara suatu angka dalam laporan keuangan dengan angka lain yang mempunyai makna atau dapat menjelaskan arah perubahan (trend) suatu fenomena” (Soemarso S.R, 1999).
Dari pengertian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa analisis laporan keuangan mempunyai atau dapat diberikan suatu makna tertentu. Makna dapat digunakan untuk menilai sehat atau tidaknya perusahaan. Angka-angka analisis laporan keuangan merupakan indikator tentang kondisi perusahaan. Angka-angka dalam laporan keuangan akan sedikit artinya kalau dilihat secara sendiri-sendiri. Dengan analisis, pemakai laporan keuangan lebih mudah menginterpretasikannya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar