Langkah-Langkah Pembelajaran Inkuiri

Ada beberapa langkah-langkah pembelajaran inkuiri. Secara umum proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran inkuiri dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Orientasi
Langkah orientasi adalah langkah untuk membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif. Pada langkah ini guru mengkondisikan agar siswa siap melaksanakan proses pembelajaran, guru merangsang dan mengajak siswa untuk berpikir memecahkan masalah. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam tahapan orientasi ini adalah:
1Menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang dicapai oleh guru.
2Menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan.
3Menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar.
Merumuskan masalah
Merumuskan masalah adalah merupakan langkah membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki.
Mengajukan hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji. Sebagai jawaban sementara, hipotesis perlu diuji kebenarannya. Kemampuan berpikir siswa dalam merumuskan hipotesis dimulai dari kemampuan siswa dalam menebak atau mengira-ngira (berhipotesis) dari suatu masalah.
Mengumpulkan data
Megumpulkan data adalah aktivitas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Peran guru dalam tahapan ini adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong siswa untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan.
Menguji hipotesis
Menguji hipotesis adalah proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Oleh karena itu yang terpenting dalam menguji hipotesis adalah mencari tingkat keyakinan siswa atas jawaban yang diberikan.
Merumuskan kesimpulan
Merumuskan kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. Dalam menarik kesimpulan guru harus mampu menunjukkan pada siswa data mana yang relevan agar dapat mencapai kesimpulan yang akurat.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar