Jenis-Jenis Reksa Dana


Ada beberapa jenis-jenis reksa dana. Reksa Dana adalah suatu portofolio investasi. Artinya, atas inisiatif/persetujuan Manajer Investasi kemudian dikeluarkan semacam surat kepemilikan dalam bentuk saham atau Unit Penyertaan bagi investor yang akan melakukan investasi di dalam Reksa Dana.
Reksa Dana memiliki beberapa alternatif dalam investasi/jenis reksa dana, yakni sebagai berikut:
Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)
Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 persen dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang. Efek bersifat hutang umumnya memberikan penghasilan dalam bentuk bunga. Instrumen pendapatan tetap, seperti obligasi memberikan tingkat suku bunga yang relatif menarik dibadingkan investasi pada deposito.
Instrumen obligasi yang paling banyak diminati oleh Manajer investasi adalah jenis surat utang negara (SUN) yang diterbitkan oleh pemerintah. Reksa dana pendapatan tetap disebut reksa dana yang portofolio investasinya difokuskan pada obligasi.
Reksa Dana Campuran (Discretionary Fund/Mixed Fund)
Reksa Dana Campuran dapat melakukan investasinya dalam bentuk efek hutang maupun ekuitas dengan porsi alokasi yang lebih fleksibel. Artinya, reksa dana ini mengalokasikan dana investasinya dalam bentuk portofolio investasi yang bervariasi. Instrumen investasi reksa dana campuran dapat berbentuk saham dan dikombinasikan dengan instrumen obligasi.
Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)
Reksa Dana Pasar Uang didefinisikan sebagai Reksa Dana yang melakukan investasi pada efek pasar uang. Efek pasar uang sendiri didefinisikan sebagai efek-efek hutang yang berjangka waktu kurang dari satu tahun. Secara umum, instrumen atau efek yang masuk dalam kategoriini meliputi deposito berjangka, sertifikat deposito, dan surat berharga pasar uang serta efek hutang lainnya dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Reksa dana ini merupakan reksa dana yang sangat likuid dengan tingkat resiko paling rendah.
Reksa Dana Saham (Equity Fund)
Reksa Dana Saham adalah Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 persen dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Manajer investasi yang melakukan pembelian pada instrumen saham ini biasanya selalu melakukan seleksi pada saham blue chip. Berbeda dengan efek pendapatan tetap seperti obligasi, di mana investor lebih berorientasi pada pendapatan bunga, efek saham umumnya memberikan potensi hasil yang lebih tinggi berupa capital gain dan deviden.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar