Enzim Antioksidan

Enzim antioksidan atau antioksidan endogenous enzimatik adalah SOD, CAT, GPx, dan glutation reduktase (GSH). SOD adalah metaloenzim yang mengkatalis dismutasi radikal anion superoksida (O2’) menjadi hidrogen peroksida (H2O2) dan oksigen (O2) di dalam mitokondria. Selanjutnya H2O2 di dalam mitokondria akan mengalami detoksifikasi oleh enzim katalase menjadi senyawa H2O dan O2, sedangkan H2O2 yang berdifusi ke dalam sitosol akan didetoksifikasi oleh enzim glutation peroksidase (Ihnat, et al., 2007). Enzim ini bersifat tidak stabil terhadap panas, cukup stabil pada kondisi basa, dan masih mempunyai aktivitas walaupun disimpan sampai lima tahun pada suhu 5oC.
Menurut Haliwell dan Gutteridge (2000), aktivitas SOD tertinggi ditemukan di hati, kelenjar adrenalin, ginjal, darah, limfa, pankreas, otak, paru-paru, lambung, usus, ovarium, dan timus.  CAT adalah enzim yang disusun oleh lebih dari 500 asam amino dan memiliki gugus forfirin atau dikenal sebagai hemoprotein. Enzim ini mengkatalis senyawa hidrogen peroksida (H2O2) menjadi oksigen (O2) dan air (H2O).
Menurut Haliwell dan Gutteridge (2000), aktivitas CAT optimal pada pH 7 dan meningkat dengan meningkatnya akumulasi H2O2. Enzim CAT mampu mengkonversi 40 juta molekul hidrogen peroksida menjadi molekul air dan oksigen setiap detiknya. Disamping itu, enzim CAT juga mampu mendetoksifikasi senyawa formaldehid, fenol dan alkohol. CAT dengan konsentrasi yang tinggi ditemukan pada hati, darah, ginjal, otak, paru-paru, jaringan adiposa, dan kelenjar adrenal. GPx adalah selanoprotein yang terdiri atas empat sub unit protein yang mengkatalis reaksi reduksi H2O2 menjadi air (H2O).
Glutation banyak ditemukan dalam hati. Sampai saat ini ditemukandelapan isoform glutation peroksidase yaitu GPx1 (ditemukan pada sitosol, mereduksi hidrogen peroksida), GPx2 (enzim ekstraselular pada saluran pencernaan), GPx3 (enzim ekstraselular pada plasma), GPx4 (enzim yang mereduksi hidroperoksida lipid), GPx5 (enzim pada epididymal), GPx6 (enzim pada olfactory), GPx7, dan GPx8 (putative).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar