Elemen-Elemen Multimedia

Terdapat beberapa elemen-elemen multimedia. Multimedia merupakan kesatuan yang terdiri dari beberapa elemen media yang tergabung menjadi satu kesatuan yang terintegrasi menjdai suatu system yang interaktif. Elemen-elemen multimedia adalah sebagai berikut:
Teks
Teks merupakan tipe data yang paling sederhana dan memerlukan sedikit tempat penyimpanan. Teks adalah elemen paling dasar dari database yang saling berhubungan. Atribut utama teks yang termasuk didalamnya adalah bentuk paragraph, bentuk karakter (seperti: Bold, Italics, Underline, dan sebagainya), ukuran font dan jenisnya Andleigh et.al (1992).
Macam-macam teks:
  1. Teks cetakan. Teks yang terdap at dalam pada media cetakan, seperti kertas. Agar teks cetakan dapat digunakan dalam aplikasi multimedia, kita harus mengubah teks tersebut menjadi bentuk yang dapat di baca oleh computer.
  2. Teks hasil scan. Teks merupakan hasil dari proses scanning. Ada tiga jen is alat scanner, yaitu: flatbed, handheld, dan sheetfed. Yang masing-masing membutuhkan program OCR (Optical Character Reader).
  3. Teks Elektronik.  Teks yang dapat dibaca oleh komputer dan dapat dioleh secara elektronik.

Grafik
Grafik adalah representasi dari sebuah objek, baik dua dimensi maupun tiga dimensi yang berupa gambar alami atau buatan manusia (Steinmetz dan Nahrstedt, 1995).
Macam-macam grafik:
  1. Bitmap. Gambar y ang tersimp an sebagai suatu pixel yang mengacu pada kolom-kolom titik dalam layar komputer. Untuk menampilkan gambar tersebut, komputer mengatur warna setiap titik pada layar sesuai dengan layar yang dijelaskan pada bitmap. Macam-macam format bitmap yang lazim d igunakan sekarang adalah BMP, JPG, GIF, PNG, dll.
  2. Vektor. Grafik yang disimpan sebagai satu set persamaan algoritma yang menetukan lengkungan, garis dan bentuk-bentuk lagin dalam suatu gambar.

Animasi
Animasi merupakan serentetan image yang bergerak bergantian dengan waktu yang sangat cepat sehingga tampak seolah-oleh bergerak (Andleigh et.al., 1996).
Macam-macam animasi:
  1. Animasi frame. Animasi frame menampilkan sutau urutan dari gambar-gambar berbeda yang disebut frame. Urutan tersebut dijalankan dengan kecepatan 12-24 frame perdetik sehingga mata kita menangkap animasi tersebut sebagai suatu gerakan yang utuh.
  2. Animasi vector. Vektor adalah garis yang mempunyai informasi titik permulaan, arah dan panjang. Animasi vektor membuat suatu objek bergerak dengan mengubah nilai dari ketiga informasi tersebut.
  3. Animasi komputasi. Dalam animasi komputasi, kita menggerakkan suatu objek dilayar Komputer dengan mengubah informasi koordinat x dan koordinat y dari objek tersebut.
  4. Morphing. Adalah perubahan suatu bentuk menjadi bentuk lain dengan menampilkan suatu urutan frame yang menghasilkan suatu perubahan bentuk yang halus.
Suara
Suara yang dihasilkan merupakan sintesa atau tiruan dari suara yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan suara yang sebenarnya berbentuk analog, sedangkan computer hanya dapat mengerjakan proses digital. Untuk itu suara analog di digitalisasikan dengan menggunakan ADC (Analog to Digital Converter) menjadi bentuk digital yang dapat diproses komputer. Untuk memainkannya kembali, computer dapat mengubah kembali suara tersebtu dari digital kebentuk analog dengan menggunakan DAC (Digital to Ana log Converter). Kedua alat ini terdapat dalam komponen sound card.
Macam-macam suara:
  1. Waveform. Suatu bentuk suara mempunyai beberapa karakteristik seperti frekuensi, amplitudo dan isi harmonik. Karakteristik ini diterjemahkan ke dalam bentuk y ang dap at dibaca komputer. File waveform biasanya disimpan dalam format WAV.
  2. MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Merupakan cara yang sangat efisien untuk merekam musik MIDI, merekam informasi yang dibutuhkan sound chip komputer untuk memainkan musik tersebut. Ada kode MIDI untuk menghidupkan dan mematikan not-not tertentu, membesarkan atau mengecilkan volume suara, mengubah timbre dan menambah efek-efek lain. File MIDI berekstensi *.M ID
  3. MP3. Adalah format file audio yang menggunakan audio codec MPEG untuk encode (men gomp res/ mengecilkan) dan decode (dekompress/ mengembalikan ke ukuran asli) dari musik yang direkam

Video
Video merupakan baik untuk aplikasi multimedia, karena video mengambarkan gerakan yang sulit digambarkan dengan kata- kata.
Macam-macam video:
  1. Live Video Feeds. Merupakan aliran data video yang terkoneksi dengan sumbernya secara terus-menerus.
  2. Digital Video.Video dalam bentuk digital, dan dapat diakses secara acak untuk menampilkan bagian-bagian yang kita inginkan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar