Definisi Vitamin C


Definisi Vitamin C  adalah vitamin yang berbentuk kristal putih agak kuning tidak berbau, mudah larut dalam air, terasa asam, mencair suhu 190-192ºC dan merupakan suatu asam organik. Rumus molekul vitamin C adalah (C6H8O6) dan berat molekulnya adalah 176,13. Vitamin C mempunyai dua bentuk molekul aktif yaitu bentuk tereduksi (asam askorbat) dan bentuk teroksidasi (asam dehidro askorbat). Bila asam dehidroaskorbat teroksidasi lebih lanjut akan berubah menjadi asam diketoglukonat yang tidak aktif secara biologis. Manusia lebih banyak menggunakan asam askorbat dalam bentuk L ; bentuk D asam askorbat hanya dimetabolisme dalam jumlah sedikit. D asam askorbat banyak digunakan sebagai bahan pengawet (daging). Manusia tidak dapat mensintesis asam askorbat dalam tubuhnya karena tidak mempunyai enzim untuk mengubah glukosa atau galaktosa menjadi asam askorbat, sehingga harus disuplai dari makanan (Andarwulan, Nuri, Sutrisno Kaswari,1992).

Vitamin C atau asam askorbat adalah suatu senyawa beratom karbon 6 yang dapat larut dalam air. Vitamin C merupakan vitamin yang disintesis dari glukosa dalam hati dari semua jenis mamalia, kecuali manusia. Manusia tidak memiliki enzim gulonolaktone oksidase, yang sangat penting untuk sintesis dari prekursor vitamin C, yaitu 2-keto-1-gulonolakton, sehingga manusia tidak dapat mensintesis vitamin C dalam tubuhnya sendiri(Padayatti, 2003).

Di dalam tubuh, vitamin C terdapat di dalam darah (khususnya leukosit), korteks anak ginjal, kulit, dan tulang. Vitamin C akan diserap di saluran cerna melalui mekanisme transport aktif (Sherwood, 2000).

Vitamin C adalah salah satu vitamin (nutrisi) yang sangat diperlukan oleh tubuh serta mempunyai fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imunitas tubuh). Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh, untuk memperoleh asupan vitamin c yang cukup sebaiknya mengonsumsi beberapa jenis buah seperti buah lemon, buah jeruk, buah kiri, buah limau, buah jambu biji dan juga buah kelengkeng.

Asupan Vitamin C yang cukup terhadap tubuh dipercaya efektif untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh termasuk sistem imunitas, sehingga tidak mudah terserang beberapa jenis penyakit / virus yang salah satunya adalah penyakit flu. Hal ini disebabkan karena Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang aman dan efektif.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih mudah menyerap Vitamin C dan menyalurkannya kepada seluruh anggota tubuh yang memerlukannya.

Jika seseorang kekurangan vitamin c, biasanya dampak yang akan muncul adalah sariawan, gusi berdarah, nyeri otot bahkan dapat menyebabkan gangguan syaraf. Mengingat begitu pentingnya Manfaat Vitamin C terhadap kesehatan tubuh, sebaiknya mengonsumsi memberikan asupan vitamin c yang cukup terhadap tubuh sedini mungkin.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar