Tanaman Terong Ungu


Tanaman Terong Ungu (Solanum melongena L.) merupakan tanaman asli daerah tropis yang diduga berasal dari Asia, terutama India dan Birma. Terong dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari kawasan tersebut, terung kemudian disebarkan ke Cina pada abad ke-5, selanjutnya disebarluaskan ke Karibia, Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Barat, Amerika Selatan, dan daerah tropis lainnya.
Terong disebarkan pula ke negara-negara subtropis, seperti Spanyol dan negara lain di kawasan Eropa. Karena daerah penyebarannya sangat luas, sebutan untuk terong sangat beraneka ragam, yaitu eggplant, gardenegg, aubergine, melongene, eierplant, atau eirefruch(Astawan, 2009).
Tinggi pohon terung 40-150 cm, memiliki daun dengan ukuran panjang 10-20 cm dan lebar 5-10 cm, bunga berwarna putih hingga ungu dengan lima mahkota bunga Berbagai varietas terung tersebar luas di dunia, perbedaannya terletak pada bentuk, ukuran, dan warnanya (USDA, 2010). Tergantung varietas terungnya, terong memiliki sedikit perbedaan konsistensi dan rasa. Secara umum terung memiliki rasa pahit dan konsistensi yang menyerupai spons (Organicfood, 2010).Varietas awal terung memiliki rasa pahit, tetapi terung yang telah mengalami proses penyilangan memiliki perbaikan rasa. Terong merupakan jenis tanaman yang memiliki kedekatan dengan tanaman kentang, tomat, dan paprika (Foodreference, 2010).
Terong termasuk tanaman setahun yang berbentuk perdu. Batang tanaman rendah (pendek), berkayu dan bercabang. Tinggi tanamanbervariasi antara 50-150 cm, tergantung dari jenis ataupun varietasnya.Permukaan kulit batang, cabang ataupun daun tertutup oleh bulu-bulu halus. Daunnya berbentuk bulat panjang dengan pangkal danujungnya sempit, namun bagian tengahnya lebar. Letak daun berselangseling, dan bertangkai pendek.
Bunganya berbentuk mirip bintang, berwarna biru atau lembayungcerah sampai warna yang lebih gelap. Bunga terong tidak mekar secaraserempak dan penyerbukan bunga dapat berlangsung secara silangataupun menyerbuk sendiri.Buah Terong sangat beragam, baik dalam bentuk dan ukuranmaupun warna kulitnya. Dari segi bentuk buah, ada yang bulat, bulat-panjang, dan setengah bulat. Ukuran buahnya antara kecil, sedang,sampai besar. Sedangkan warna kulit buah umumnya ungu, hijau keputih-putihan, putih, putih keungu-unguan, dan hitam atau ungu-tua.Buah yang menghasilkan biji yang ukurannya kecil-kecil berbentukpipih dan berwarna cokelat muda. Biji ini merupakan alat reproduksi atauperbanyakan tanaman secara generatif.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar